Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Ada yang Baru di Kompasiana

16 Juni 2021   18:12 Diperbarui: 16 Juni 2021   18:22 384 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada yang Baru di Kompasiana
Kompasiana (sumber: iluvtari.com)

Ada sesuatu yang baru di Kompasiana, sepertinya tunggu waktu diluncurkan. Fitur baru ini akan sangat bermanfaat bagi Kompasianer baru, juga tentunya bagi Kompasianer lama. Fitur baru ini adalah panduan menulis konten di laman Kompasiana.

Saya melihat paling tidak ada enam perubahan yang ditambahkan. Pada saat Kompasianer ingin menuliskan konten, maka akan muncul pada bagian paling atas yang menyebutkan adanya Panduan Menulis Konten.

Pertama kali, Kompasianer akan dipandu untuk menuliskan 'Katagori' konten yang sesuai dengan konten yang dituliskan. Termasuk sub kontennya. Contoh Katagori Hiburan, memiliki sub konten Film, Humor, Media, dan Musik.

Lalu Anda dipandu guna menuliskan judul konten agar sesuai dengan isi konten. Disini disarankan agar judul konten meksimum terdiri dari 8 kata.

Guna menambahkan gambar atau foto atau grafik, bila Anda menulis melalui gawai dulu hanya tampak tampilan setengah lingkaran kecil di bagian kiri layar, kini berubah menjadi tampilan '+' sama dengan tampilan di notebook atau personal computer. Cada menambahkan gambar ini yang paling sulit dipahami oleh Kompasianer baru, apalagi mengajarkan secara virtual. Semoga dengan perubahan ini lebih memudahkan bagi Kompasianer guna menambahkan gambar atau foto atau grafik. Bila Anda mengambil gambar dari internet, jangan lupa menuliskan sumbernya, guna menghormati karya intelektual orang lain. Kalau tidak dituliskan sumbernya, gambar atau foto atau grafik Anda, pasti dihapus oleh admin yang bertugas.

Panduan lainnya adalah menuliskan teaser agar konten Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari. Jumlah kata yang diizinkan 50-150 karakter untuk teaser. Bila terlalu pendek aksn muncul pesan teguran.

Berikutnya Anda akan dipandu menuliskan tag atau kata kunci. Disarankan maksimum menuliskan 6 tag. Setiap ksli menuliskan tag, harus diikuti menekzn tombol Enter 2x.

Nah, itulah fitur baru yang akan memandu Anda dalam menulis konten di Kompasiana. Semoga bermanfaat, dan memicu Anda untuk dapat menulis ODOA (One Day One Article).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x