Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tutorial Menyematkan "Backlink" Berkualitas

12 Juni 2021   04:30 Diperbarui: 12 Juni 2021   21:16 72 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tutorial Menyematkan "Backlink" Berkualitas
Backlink pada SEO (sumber: jcadsense.com)

Bagi Anda yang pernah belajar tentang SEO tentu pernah mendengar istilah 'backlink'. Kata ini memang belum ada terjemahan bakunya pada KBBI, kalau penulis boleh usul sebaiknya diterjemahkan 'jalur pengarah'. Pada tutorial kali ini, penulis akan membahas Tutorial Menyematkan 'Backlink: Berkualitas.

Apakah 'Backlink' itu? 'Backlink: adalah sebuah jalur yang sengaja disematkan pada suatu situs atau blog guna mengarahkan pembaca situs / blog pada situs / blog yang diinginkan oleh pemasang 'backlink'.

'Backlink' adalah salah satu tindakan pada SEO atau Searach Engine Optimization, yaitu tindakan untuk mengoptimalkan agar situs  muncul pada halaman pertama mesin pencari. Dalam mengoptimalkan mesin pencari, Anda harus memahami algoritma mesin pencari saat mengurutkan situs berdasar peringkat.

Kembali ke inti pembahasan, jadi Anda adalah pemberi 'backlink', sedangkan yang disebut penerima 'backlink' adalah situs yang mendapatkan link dari Anda.

Dalam kasus ini, mesin pencari akan menemukan situs Anda melalui 'backlink'. Pada prosesnya, mesin pencari akan menjala informasi untuk menemukan halaman yang paling relevan atau sesuai dengan kata kunci tertentu yang dimasukkan melalui mesin pencari. 

Suatu halaman situs yang tidak mendapatkan 'backlink' dari situs lainnya akan sulit ditemukan oleh mesin pencari. Itulah sebabnya Anda harus menyematkan 'backlink' berkualitas. 

Secara algorithma, mesin pencari memanfaatkan 'backlink' sebagai indikator popularitas sebuah halaman situs. Semakin banyak 'backlink' berkualitas mengarah menuju situs Anda, maka akan semakin baik reputasi situs Anda pada penilaian mesin pencari. Mesin pencari tidak menilai 'backlink' dari kuantitasnya saja, tetapi juga menilai dari relevansinya.

Suati 'backlink' dapat disebut relevan bila 'backlink' yang didapatkan dari situ /blog dari katagori  yang relevan Misal perusahaan smartphone seperti Oppo menyematkan 'backlink' yang tergolong relevan dari situs dengan katagori teknologi. Suatu 'backlink' disebut berkualitas bila mampu mendatangkan trafik pada sebuah situs. 

Agar Anda menghasilkan 'backlink' berkualitas, Anda harus mampu membuat konten yang lengkap, unik dan memberikan solusi pada pembacanya. Anda harus mampu meningkatkan kredibilitas Anda dengan menulis konten yang lengkap dan bermanfaat. 

Caranya buatlah konten yang unik, yang isinya  belum pernah dibuat oleh orang lain. Konten Anda harus emiliki sudut pandang yang berbeda. Konten yang unik akan menarik orang untuk  menyematkan 'link' pada situs Anda. Lebih menarik lagi bila Anda menambahkan infografik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN