Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tutorial Mendapatkan Kata Kunci yang Tepat

10 Juni 2021   17:00 Diperbarui: 10 Juni 2021   18:20 74 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tutorial Mendapatkan Kata Kunci yang Tepat
SEO (sumber: sidekil.com)

SEO atau Search Engine Optimization adalah tindakan untuk mengoptimalkan agar website Anda muncul pada halaman pertama mesin pencari. Banyak tindakan yang harus Anda pelajari baik berupa Tutorial atau Tips untuk Anda terapkan agar website Anda bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari. 

Untuk menuliskan aneka Tips diperlukan tulisan yang sangat panjang, untuk itu penulis akan memulainya dengan Tutorial yang paling sederhana yakni Tutorial Mendapatkan Kata Kunci yang Tepat. Banyak sekali tindakan yang harus dilakukan guna memahami algoritma mesin pencari saat mengurutkan website berdasar peringkat. Yang perlu dipelajari adalah cara menaikkan peringkat website pada mesin pencari. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan diantaranya:

1. Mencari atau melakukan riset kata kunci (keyword)
2. Mengaktifkan search engine visibility
3. Mengoptimalkan situs untuk perangkat mobile
4. Menambahkan back link ke website berkualitas

Dan masih banyak lagi tindakan yang harus dilakukan. Dalam upaya mengoptimalkan posisi website ini kadang-kadang harus melalukan tindakan yang legal dikenal dengan istilah white hat, kadang melakukan tindakan yang illegal dikenal dengan istilah black hat, atau yang semi illegal yang dikenal dengan istilah grey hat.

Sekarang kita kembali pada topik bahasan yakni tentang kata kunci. Keyword atau kata kunci diketahui merupakan sebuah kata yang digunakaàn sebagai kunci dan kode untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain. Dengan melakukan riset kata kunci yang tepat, Anda dapat membuat website atau blog Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

Tindakan pertama yang paling sederhana dan mudah adalah menerapkan kata kunci yang tercantum pada Google Trend atau Twitter Trend yang selalu diupdate dari waktu ke waktu, namun tindakan ini hanya bermanfaat untuk digunakan pada judul tulisan oleh para blogger, dan kurang bermanfaat untuk mengoptimalisasi nama sebuah website.

Contoh kata kunci, misalnya website Anda bernama 'lingkungan hidup', maka kata kunci dapat terkait pada 'environment' atau 'teknologi'.

Riset kata kunci sangat penting bagi SEO officer,  Youtuber, blogger, maupun content creator. Saat ini dikenal beberapa aplikasi riset kata kunci baik yang berbayar maupun yang cuma-cuma.

Bagi Anda yang pemula, bisa menggunakan aplikasi yang cuma-cuma dulu. Setelah mahir, baru ditingkatkan pada aplikasi yang berbayar. Beberapa aplikasi cuma-cuma yang cukup banyak digemari adalah Wordtracker, Keywordtool.io, Keyword Planner dan Ubersuggest.

Wordtracker (sumber: qwords.com)
Wordtracker (sumber: qwords.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x