Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

"April Mop", Hari Prank Sedunia

1 April 2021   14:32 Diperbarui: 1 April 2021   14:33 261 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"April Mop", Hari Prank Sedunia
April mop (sumber: apahabar.com)

Tanggal 1 April di seluruh dunia dirayakan sebagai hari jahil sedunia atau menurut istilah kekinian disebut sebagai Hari Prank Sedunia.

Jujur saja saat saya lahir hingga lulus Sekolah Menengah Atas perayaan April Mop ini tidak pernah mendengar atau mengalaminya. Pertama kali saya mengenal April Mop saat duduk pada tahun pertama perguruan tinggi di kota kecil Salatiga. 

Tanggal 1 April, selesai mengkuti kuliah, kami meninggalkan kelas dan berniat pergi ke Perpustakaan guna menunggu jam kuliah berikutnya. Dalam perjalanan dari kelas menuju Perpustakaan, kami harus melewati sebuah papan pengumuman yang biasa kami perhatikan guna melihat ada acara apa di kampus atau di kota kami. 

Pada hari itu tertempel pengumuman 'Bursa Buku Murah" hanya berlangsung satu hari saja dari jam 10.00 hingga jam 16.00 WIB bertempat di dekat Lapangan Pancasila, tepatnya didepan Kelenteng Salatiga di jalan Sukowati. 

Kami para mahasiswa tentu sangat antusias melihat adanya Bursa Buku Murah tersebut. Maka kamipun berniat kesana setelah selesai mengikuti kuliah kedua nanti, meskipun tempatnya cukup jauh dari kampus bagi kami yang harus berjalan kaki karena saat itu sangat jarang yang memiliki kendaraan bermotor.

Saat tiba di Perpustakaan, kami juga masih asyik membahas adanya Bursa Buku Murah ini, namun kami mulai agak curiga melihat ada beberapa teman yang senyum-senyum janggal.

Tiba-tiba ada seorang teman yang terkenal memiliki kendaraan bermotor, datang ke Perpustakaan dengan muka kesal dan mulut tak hentinya mengucapkan sumpah serapah. Ia menceritakan bahwa dia baru saja ke depan Kelenteng Salatiga dan ternyata kena kibul karena ternyata tidak ada acara Bursa Buku Murah.

Seorang kakak senior coba menenangkan atau meredakan kemarahannya, ingat ini tanggal 1 April kamu dijahili orang, karena tanggal 1 April lazimnya orang boleh menjahili siapapun dan yang kena dijahili tidak boleh marah. Namun teman itu tidak bisa reda marahnya. Dia berniat mencari yang memasang pengumuman itu dan akan memukulinya.

Semenjak itu kami selalu waspada bila mendapat informasi atau pengumuman pada tanggal 1 April, meski kami mengetahui bahwa tidak tiap orang mau dijahili. 

Jadi pembuat aksi April Mop atau Fool's Day menurut bahasa Inggris harus berhati-hati, karena tidak semua orang memahami makna April Mop dan dapat menimbulkan perkelahian antar teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN