Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kerja Sampingan Ini yang Perlu Diperhatikan

1 April 2021   13:17 Diperbarui: 1 April 2021   13:17 42 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerja Sampingan Ini yang Perlu Diperhatikan
Kerja sampingan (sumber: suara.com)

Bagi para pekerja muda, seringkali penghasilan dari pekerjaan utama belum begitu besar, apalagi status masih tergolong staff dan kebutuhan didepan mata sangat banyak, seperti ingin membeli kendaraan pribadi, rumah / apartemen dan biaya rekreasi, belum lagi yang sudah membentuk keluarga baru harus memikirkan biaya susu dan pendidikan anak.

Karena fisik masih kuat, hanya ada tiga cara yang bisa ditempuh. Pertama, mencari alternatif pekerjaan utama yang memberikan penghasilan lebih besar dan menjanjikan promosi jabatan yang jelas. Kedua, memulai bisnis sendiri yang sering disebut bisnis rintisan (start up), yang bila berhasil dapat melebihi penghasilan dari pekerjaan utama saat ini. Ketiga, mencari pekerjaan sampingan.

Nah, mencari pekerjaan sampingan ini bukan suatu tindakan yang haram atau mengkhianati pekerjaan utama saat ini, asalkan :

1. Tidak bersaing secara frontal dengan pekerjaan utama. Dalam hal ini Anda bekerja dengan bidang pekerjaan yang sama sekali berbeda, sehingga tidak disebut sedang melakukan "moonlighting".

2. Tidak mencuri waktu pada jam kerja pekerjaan utama untuk mempersiapkan atau menyelesaikan pekerjaan sampingan. Contoh Anda mengajar pada pekerjaan sampingan, lalu mempersiapkan materi pelajaran / kursus/ kuliah atau mengkoreksi jawaban tugas atau memeriksa tugas yang dibuat oleh anak didik pada jam kerja pekerjaan utama. Dalam hal ini Anda dapat disebut melakukan korupsi waktu.

3.  Boleh mengerjakan pekerjaan yang sejenis, namun pada perusahaan dengan bisnis yang berbeda dan tidak saling terkait secara langsung. Misal Anda bekerja sebagai staff akunting di perusahaan utama dan perusahaan pada pekerjaan sampingan. Bisnis yang tidak saling terkait misalnya Anda bekerja sebagai staf akunting di perusahaan penjualan komputer dan staf akunting di perusahaan penjualan ayam goreng. Tetapi sebaiknya jangan bekerja di rumah makan Padang dan rumah makan ayam goreng sebagai staf akunting karena perusahaan sejenis.

4. Selalu menjaga rahasia perusahaan utama maupun perusahaan pekerjaan sampingan.

5. Tidak merasa kelelahan. Bila Anda merasa kelelahan atau mengantuk, sebaiknya mengundurkan diri pada salah satu perusahaan yang kurang menjanjikan promosi jabatan. Jangan memaksakan diri, karena bisa membuat Anda sakit dan memperburuk kinerja Anda.

6. Bila pekerjaan utama mewajibkan tugas ke luar kota, carilah pekerjaan sampingan yang tidak mewajibkan kehadiran tiap hari.

Bisnis rintisan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x