Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jepang Punya Banyak Ragam Mi

28 Maret 2021   17:15 Diperbarui: 28 Maret 2021   17:22 165 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jepang Punya Banyak Ragam Mi
Ramen (sumber: lensabanyumas.pikiran-rakyat.com )

Apakah Anda mengetahui bila Jepang adalah negara yang memiliki banyak ragam mie? Bila di Indonesia mie ada yang terbuat dari tepung terigu dan sagu. Juga di beberapa tempat Anda mengenal mie keriting, mie tebal, mie lebar, mie alot. Ada juga yang menyediakan variant lain seperti bihun (tepung beras), soun (tepung jagung atau kacang hijau), lidi, kwetiau (tepung beras, bentuk lebar, tebal dan pipih), dan misoa (tepung beras, tipis). Perkembangan bisnis kuliner membuat pengusaha berkreasi sehingga selain mie yang lazim berwarna kuning, kini ada mie hijau (sayur), mie ungu dan mie hitam (charcoal).

Nah, Jepang memiliki banyak ragam mie yang semuanya lezat.

1. Ramen

Ramen adalah mie asal Jepang yang paling banyak dikenal, bentuknya lurus dengan tekstur kenyal. Sering disajikan dengan kuah kaldu dan topping dari daging babi. Namun Anda tidak perlu kawatir, karena di Indonesia sudah banyak ramen yang menggunakan topping dari daging ayam atau sapi. Misalnya Seirock-ya dan Chin-ma-ya Hijau. Kalau Chin-ma-ya Merah masih menyajikan daging babi.

2. Udon

Udon adalah variant mie Jepang yang berdiameter paling besar terbuat dari tepung gandum dan berwarna putih. Namun ada juga yang menyediakan udon berwarna hitam. Meski berdiameter besar namun rasanya lembut dan disajikan dengan kuah panas. Namun ada juga udon yang disajikan kering maupun berkuah dingin

Salah satu jaringan waralaba kuliner Jepang yang khusus menyajikan udon adalah Marugame Udon.

3. Soba

Soba adalah sejenis mie dengan tekstur kenyal yang terbuat dari tepung terigu. Soba disajikan dalam dua versi hangat dan dingin. Cara menyantapnya dengan mencampur dengan saus yang segar.

Rumah makan yang menyajikan soba di Jakarta yang cukup populer adalah Abura Soba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x