Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pahami Kiat Mendapatkan Kartu Prakerja

15 Maret 2021   22:30 Diperbarui: 15 Maret 2021   23:36 164 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahami Kiat Mendapatkan Kartu Prakerja
Situs prakerja (sumber: suara.com)

Minggu lalu, tepatnya mulai tanggal 11-14 Maret 2021 telah dibuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 14. Dengan kuota 600.000 orang, saat ini para pencari kerja hanya tinggal menunggu lolos atau tidak dari seleksi program Kartu Prakerja gelombang 14. Bagi yang merasa penasaran dapat mengunjungi situs www.prakerja.id atau menunggu datangnya pesan singkat atau SMS dari penyelenggara.

Program Kartu Prakerja ini dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo dan berniat membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan lantaran terdampak pandemi Covid-19. Baik karyawan yang di rumahkan maupun terkena PHK atau pengusaha kecil dan mikro yang harus gulung tikar terimbas pandemi. Para wirausaha juga dapat meningkatkan kemampuan seperti teknik penjualan atau pemasaran dan membuat konten promosi di media sosial.

Ada pelatihan gratis guna meningkatkan kemampuan calon pekerja melalui https://linktr.ee/ppkdjaksel seperti Word dasar, Excel dasar, Bahasa Inggris dasar, akuntansi dasar, membuat konten promosi di sosial media dan K3.

Nah, bagaimana dengan para peserta program Kartu Prakerja gelombang 14 maupun sebelumnya yang tidak lolos maupun bagi para pencari kerja yang belum memahami cara mendaftar pada program Kartu Prakerja ini.  Mau tidak mau harus bersabar menunggu keluarnya pengumuman dibukanya program Kartu Prakerja gelombang 15. Menurut info, pengumuman paling cepat akan muncul setelah evaluasi penyelenggaraan Kartu Prakerja gelombang 14 selesai dilakukan.

Pengumuman hasil seleksi Karti Prakerja gelombang 14 diperkirakan akan kelusr hari Jum'at 19 Maret 2021 atau Sabtu 20 Maret 2021. Mereka yang dipastikan tidak lolos adalah kelompok yang dilarang untuk menerima Kartu Prakerja.

Persiapan bagi mereka yang ingin mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 15. Pastikan bahwa Anda bukan peserta yang sudah lolos tahun 2020 karena tidak boleh mendaftar kembali pada 2021.

Caranya masuklah ke situs www.prakerja.go.id, lalu isilah nama lengkap, alamat surat elektronik dan kara sandi (password). Setelah itu kliklah tombol "Daftar".

Lalu periksalah suar elektronik dari Karti Prakerja dan lakukan konfirmasi. Kemudian ikutilah permintaan sistem untuk mengisikan nama lengkap, alamat surat elektronik, alamat tempat tinggal, alamat domisili sesuai KTP, pendidikan terakhir, status masih bekerja atau tidak dan foto dari KTP Anda. KTP Anda sebaiknya tampak jelas dan mudah dibaca. Lalu isikan nomor KTP dan tanggal lahir. Sebaiknya persiapkan Kartu Keluarga karena sejak Kartu Prakerja gelombang 12 ada pembatasan maksimum dua orang dalam satu keluarga yang boleh mendapatkan Kartu Prakerja. Setelah itu Anda harus mengikuti tes motivasi selama 15 menit. Serta tes keahlian selama 25 menit yang meliputi matematika, pengurutan instruksi dan pemahaman bacaan non sastra.

Setelah menyelesaikan tes, Anda diminta mengisikan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui pesan singkat SMS.


Yang tidak boleh mendaftar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN