Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jangan Takut Gagal

10 Maret 2021   18:27 Diperbarui: 10 Maret 2021   18:50 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Takut Gagal
Gagal (sumber: sehatq.com)

Dalam beberapa  bulan ini, melalui media sosial, kita banyak melihat dan membaca kisah perjuangan Colonel Sanders. Sekarang semua orang di seluruh dunia mengenal nama 'Kentucky Fried Chicken', namun apakah Anda mengetahui cerita di balik kesuksesan Kentucky Fried Chicken itu? Adalah Colonel Sanders yang mengalami berkali-kali kegagalan. Bahkan resep rahasia Sanders, yang menjadi alasan utama KFC dapat sukses besar dan membuka sekitar 23.000 cabang di seluruh dunia, ditolak sebanyak 1.009 kali. 

Tapi, tahukah Anda sejarah kegagalan yang dialami oleh Sanders sebelum memperoleh kesuksesan? Sanders dipecat dari pekerjaannya sebagai tentara, pengacara dan agen asuransi. Sanders kemudian membuka bisnis di bidang pelayaran, pembuatan lampu dan menjual ayam goreng di pom bensin tetapi usahanya gagal. Ia juga pernah membuka motel yang kemudian terbakar habis. Sanders terus berjuang walau menghadapi banyak kegalalan, hingga pada umur 65 tahun Sanders baru berhasil meraih sukses dan menjadi milyuner pada usia 73 tahun.

Apakah saat ini Anda sedang mengalami hal serupa dengan Colonel Sanders? Apakah Anda putus asa dan ingin menyerah pada keadaan?Tetapi banyak kisah humaniora mengajari Anda untuk tidak langsung menyerah. Dengan segala upaya, Anda harus bangkit lagi dan mencoba lagi. Bila Anda sedang mengalami kegagalan, kuatkanlah hati Anda, jangan malah menjadi orang yang hilang semangat. Kegagalan bukanlah akhir dari kehidupan Anda, karena tidak seorang pun yang tidak pernah gagal.

Saat Anda mengalami kegagalan, jangan hanya bangkit dari kegagalan saja, tetapi gunakan kegagalan tersebut untuk bertumbuh. Meski melalui berbagai kejatuhan dan kegagalan, Anda harus selalu siap untuk bangkit dari keterpurukan. 

Bagaimana reaksi Anda ketika mengalami kegagalan? Apa pelajaran yang dapat Anda ambil dari kegagalan itu?
Jangan menyerah ketika Anda mengalami suatu kegagalan. Ambil pelajaran dari kegagalan tersebut dan jadikan sebagai tumpuan bagi Anda untuk bertumbuh.

Seperti wejangan Robert F. Kennedy "Hanya mereka yang berani gagal yang dapat meraih keberhasilan."

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x