Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pentingnya Perencanaan

9 Maret 2021   17:51 Diperbarui: 9 Maret 2021   18:39 56 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Perencanaan
Perencanaan (sumber: abcpalem.com)

Untuk mencapai suatu tujuan mutlak diperlukan perencanaan yang rapi. Seperti saat Sir Edmund Hillary yang memiliki cita-cita menaklukkan puncak Gunung Everest. Hillary telah mempersiapkan diri sejak lama. Tidak tanggung-tanggung Hillary membuat rencana dan persiapan pendakian selama 18 tahun. Hillary dengan teliti mempelajari kondisi geografis, menganalisa perubahan suhu pada titik-titik perhentian, mengkalkulasi bekal yang harus dibawa, termasuk mempersiapkan oksigen dan peralatan pendakian. 

Hillary juga melatih fisiknya dengan olahraga secara konsisten agar selalu bugar. Hillary juga mempersiapkan mental guna menghadapi kondisi terburuk. Satu tahun sebelum pendakian, Hillary mencari sherpa (penduduk asli Nepal di kawasan Himalaya yang berpengalaman memandu pendakian). Setelah semua perencanaan dan persiapan matang, maka mulailah Hillary melakukan pendakian, dan akhirnya pada tanggal 29 Mei 1953,  Sir Edmund Hillary menjadi orang pertama yang berhasil mencapai puncak gunung Everest. Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan medan pendakian yang sangat berat. Kesalahan dalam perencanaan, sama saja dengan menyetor nyawa, alias tidak akan pernah kembali ke rumah selamanya.

Di dalam mengarungi kehidupan ini, setiap hari Anda akan bertemu dengan berbagai tantangan dan rintangan. Anda perlu memiliki persiapan dan perencanaan yang baik, untuk dapat mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi. Lebih baik meluangkan satu jam atau satu hari untuk membuat rencana yang matang, daripada Anda harus kehilangan banyak waktu, tenaga dan dana untuk memperbaiki kesalahan yang bakal terjadi. Pebisnis sering ingin memanfaatkan peluang, sehingga buru-buru melangkah tanpa melakukan persiapan.

Dengan memiliki persiapan dan perencanaan yang baik, sebenarnya Anda telah menyelesaikan separuh dari tujuan yang ingin Anda capai. Sisanya tergantung pada bagaimana Anda melakukan segala sesuatu yang sudah direncanakan itu dengan sebaik-baiknya.

Apakah Anda ingin berhasil? Persiapkan dan rencanakanlah segala sesuatunya dengan baik mulai saat ini.

Apakah Anda termasuk orang yang suka membuat perencanaan dan persiapan sebelum melakukan sesuatu? Apa saja manfaat yang Anda rasakan saat melakukan perencanaan yang matang? Mengapa Anda perlu belajar untuk membuat perencanaan serta persiapan yang matang dalam menjalani kehidupan?
Susunlah perencanaan dengan rinci. Buatlah perencanaan yang rinci dan matang untuk mencapai tujuan yang ingin Anda capai.

Ingatlah nasehat Benjamin Franklin, " Bila Anda gagal membuat perencanaan, Anda telah merencanakan suatu kegagalan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x