Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Benarkah Kehidupan Tidak Adil?

9 Maret 2021   14:46 Diperbarui: 9 Maret 2021   17:49 60 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Kehidupan Tidak Adil?
Kehidupan (sumber: pixabay.com)

Seringkali kita melihat kehidupan yang sangat timpang. Ada keluarga yang berlimpah harta, sementara ada keluarga lain yang sangat kekurangan. Sepertinya kehidupan ini tampak tidak adil. Selain masalah kaya dan miskin, terdapat perbedaan orang yang selalu memperoleh kemudahan, sementara ada orang yang mengalami kesulitan demi kesulitan. 

Ada orang yang harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhannya, sementara orang lain sungguh berkelimpahan. Banyak orang  bergumul dengan pertanyaan-pertanyaan serupa. Karena begitu banyak hal dalam kehidupan yang tampaknya jauh dari kata adil.

Kehidupan memang tidak selalu adil, ada orang yang dipandang rendah oleh saudaranya, difitnah oleh orang terdekatnya, dikhianati oleh anaknya sendiri, dihukum karena kejahatan yang tidak dilakukannya.

Setiap manusia memiliki kekuatan masing-masing yang dibutuhkan untuk menghadapi setiap masalah yang harus mereka hadapi. Kita mungkin tidak menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita tentang ketidakadilan yang terjadi, tetapi kita mengetahui dengan pasti bahwa kita akan mampu menghadapi setiap kesulitan. Saat kehidupan tampak tidak adil, pastikan untuk menjalankan tindakan yang terbaik, guna mengantipasi semua kesulitan.

Ketidakadilan apa yang Anda alami atau rasakan saat ini? Ketika hidup tampak tidak adil, jangan menggunakan ukuran kacamata Anda sendiri. Ketidak adilan yang Anda rasakan, mungkin juga sama bagi ketidak adilan orang yang Anda anggap lebih beruntung.

Bila Anda merasa sedang tertimpa ketidak adilan, jangan merasa sendiri. Masih banyak oranh yang senasib dengan Anda. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri terus menerus, karena keadilan itu pasti akan datang pada saat yang tepat dan datangnya tak terduga.

VIDEO PILIHAN