Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pentingnya Memahami Kekuatan Pola Pikir

8 Maret 2021   16:49 Diperbarui: 8 Maret 2021   17:30 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Memahami Kekuatan Pola Pikir
Mindset (sumber: kikasyafii.com)

Mindset atau pola pikir sangat mempengaruhi cara Anda memaknai, melihat, memandang dan melakukan suatu tindakan dari suatu kebiasaan hingga mendapatkan kepuasan hati.

Anda mungkin pernah membaca kisah sukses Warren Buffet, pada usia anak-anak Buffet  memiliki mindset bahwa suatu hari ia akan menjadi kaya raya. Menurut Buffet, menjadi kaya dimulai dari mindset. Buffet selalu yakin bahwa suatu hari ia akan menjadi kaya, dan tidak pernah meragukannya walau semenit pun. Dan mindset ini benar-benar menjadi kenyataan, Buffet adalah salah satu orang terkaya dunia.

Mindset atau pola pikir mengambil peranan besar bagi kehidupan manusia. Seorang tokoh pemasaran David J. Schwartz, dalam bukunya "The Magic of Thinking Big", menuliskan bahwa syarat mutlak untuk menciptakan perubahan dan kualitas dalam kehidupan adalah dengan mengubah mindset terlebih dahulu.

Agar menjadi orang sukses, orang harus memiliki mindset yang positif. Memiliki mindset yang positif berarti selalu berpikir dan berharap bahwa hal-hal baik pasti terjadi. Dalam benak harus berisi pikiran tentang semua hal yang benar, yang mulia, adil, manis, sedap didengar, terhormat dan hal-hal yang patut dipuji. Tentunya untuk memiliki mindset demikian Anda harus melatihnya.

Untuk melatih mindset Anda adalah dengan cara mengembangkan pertumbuhan mindset, yaitu kemampuan / bakat yang dimiliki selalu dapat ditumbuhkembangkan. 

Beberapa cara mengembangkannya adalah dengan bersikap terbuka (open minded) terhadap kritik, jadi tidak boleh mudah tersinggung, menghargai sebuah proses, mengerti bahwa kegagalan adalah awal dari sukses, mau terus belajar, dan melalui sebuah tantangan sebagai peluang. 

Hal ini harus menjadi mindset (pola pikir) yang artinya tidak hanya muncul saat keadaan sesuai harapan saja, justru mindset yang positif akan bekerja lebih efektif ketika keadaan tak sesuai harapan. Dengan begitu, Anda dapat melalui segala batasan-batasan yang ada, entah itu batasan kesuksesan, batasan modal, batasan kemampuan, skill, dan banyak lainnya.

Jadi pahamilah mengapa banyak orang sukses mengatakan bahwa mindset adalah dasar utama dalam mencapai keberhasilan. Sekali mindset Anda berubah, semua hal di sekitar Anda akan ikut berubah. 

Mindset apa yang tertanam dalam diri Anda saat ini? Sudahkah pola pikir Anda diisi dengan semua hal yang benar, yang mulia, adil, manis, sedap didengar, terhormat dan hal-hal yang patut dipuji? Apa saja mindset positif pada diri Anda.

Ubahlah mindset Anda. Mindset Anda harus berupa hal yang benar, yang mulia, adil, manis, sedap didengar, terhormat dan hal-hal yang patut dipuji. Pikiran itu seperti otot. Semakin sering Anda melatihnya, maka tindakan Anda akan selaras dengan pikiran itu.

VIDEO PILIHAN