Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tantangan Membuat Anda Lebih Kuat

6 Maret 2021   15:58 Diperbarui: 6 Maret 2021   16:10 72 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Membuat Anda Lebih Kuat
Tantangan (sumber: spn.or.id)

Mana yang lebih menimbulkan kebanggaan, mencapai prestasi melalui usha berliku atau yang mulus- mulus saja? Tantangan (ujian) atau masalah pada kehidupan tidak selamanya membuat Anda menjadi makin lemah dan cenderung kalah. Kadang tantangan dan masalah perlu ada untuk memacu kemampuan Anda semakin kuat dan lebih baik dari sebelumnya. 

Seorang peneliti pernah mengungkapkan bahwa tantangan dan masalah dapat memberikan kekuatan kepada Anda saat menjalani kehidupan. Kesimpulan tersebut didapatnya setelah melakukan survei terhadap lebih dari 2.000 orang responden di Amerika Serikat secara acak. Para responden tersebut memberikan data tentang kepuasan hidup dan ujian hidup yang telah mereka alami. 

Dalam penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa dalam batas tertentu, ujian dan masalah justru membuat manusia makin tegar untuk menghadapi ujian berikutnya. Adanya masalah dan tantangan hidup membuat manusia memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia yang merasa tidak pernah mengalami masalah.

Seiring berjalannya waktu, tak terasa banyak tantangan dan persoalan yang berat di masa lalu yang ternyata dapat Anda lalui. Belajar sesuatu dari pengalaman masa lalu, ternyata tantangan dan masalah telah membuat Anda saat ini lebih kuat dari sebelumnya. Pelan namun pasti Anda akan bisa melewatinya dan saat Anda berhasil mengatasinya, maka Anda akan lebih kuat dari sebelumnya.

Bila saat ini, Anda sedang mengalami ujian dan tantangan hidup, yakinlah bahwa Anda pasti akan dapat melewatinya. Temukan titik awal dari masalah itu, selesaikanlah satu demi satu masalah dengan kepala dingin. Yakinlah bahwa Anda akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.  

Apakah Anda pernah ingin menyerah saat menghadapi tantangan dan masalah kehidupan? Apa yang Anda lakukan saat itu? Bagaimana caranya agar Anda tetap kuat menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam kehidupan?

Setiap tantangan yang Anda hadapi sekarang, akan membuat Anda lebih kuat pada masa mendatang. Tantangan hidup ini dimaksudkan untuk membuat Anda lebih baik.

VIDEO PILIHAN