Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Perhatikan Latihan pada Kaki Anda

4 Maret 2021   21:46 Diperbarui: 4 Maret 2021   21:52 80 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perhatikan Latihan pada Kaki Anda
Ilustrasi kaki (sumber: koraorganics.com)

Tahukah Anda bahwa kaki merupakan awal dari proses penuaan Anda? Berawal dari kaki terus berlanjut ke atas. Jika Anda masih mau disebut muda, maka kaki Anda harus selalu kuat.

Memang selama ini orang menandai rambut yang mulai memutih sebagai ciri penuaan, atau kulit yang mulai berkeriput.

Bila Anda ingin panjang umur, milikilah otot kaki yang kuat. Anda juga harus rutin menggerakkan kaki. Bahkan orang yang sedang dirawat di rumah sakit tiap hari diminta menjalani terapi fisik di antaranya menggerakkan kaki karena bila terlalu lama berada di tempat tidur tanpa bergerak selama dua minggu, kekuatan kaki pasien tersebut akan berkurang secara drastis. Hal ini berlaku umum untuk orang muda maupun tua.

Karena bila otot kaki melemah, diperlukan waktu yang lama untuk memulihkannya. Olahraga yang paling murah adalah jalan kaki secara teratur. Karena seluruh berat badan akan tertumpu pada  kaki. Yang perlu diketahui, setengah dari komponen tulang dan otot manusia berada pada ke dua kaki. Tahukah Anda bahwa persendian dan tulang terkuat dan terbesar pada tubuh manusia terletak pada.ke dua kaki.

Yang terpenting guna menahan beban tubuh manusia adalah yang disebut "segitiga besi" yakni tulang, otot dan persendian yang kuat dan fleksibel. Secara umum hampir seluruh kegiatan manusia tertumpu pada kedua kaki. Kaki merupakan pusat pada gerakan seluruh tubuh.

Sebagian besar jaringan syaraf dan pembuluh darah pada tubuh manusia terletak pada kedua kaki, otomatis aliran darah mengalir sebagian besar juga pada kedua kaki. Bila kaki manusia sehat, maka terjadi aliran darah dengan lancar. Seseorang yang memiliki kaki yang kuat hampir dapat dipastikan memiliki jantung yang sehat.

Bila seseorang mulai bertambah tua, maka kecepatan dan ketepatan hubungan antara otak dan kaki mulai menurun.

Oleh karena itu manusia yang mulai menua disarankan untuk menghindari olahraga lari karena lebih rentan patah tulang. Gejala patah tulang pada lansia memudahkan memicu komplikasi pada penyakit fatal, seperti trombosis otak. Sebuah data di rumah sakit menyebutkan bahwa pasien patah tulang pada manusia lansia cenderung berakibat meninggal dunia.

Untuk itu sejak usia 60 tahun Anda disarankan untuk secara disiplin melatih kaki. Meski bila Anda menua, kaki akan secara bertahap melemah juga, tetapi seumur hidup Anda harus melatih kaki Anda.

Dengan cara memperkuat kaki, maka Anda dapat mencegah penuaan pada diri Anda. Untuk itu disarankan berjalan kaki 30-40 menit setiap hari agar otot kaki Anda tetap sehat dan kuat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x