Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tulisan di Draft Kompasiana Hilang

28 Februari 2021   19:45 Diperbarui: 28 Februari 2021   20:08 923
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hantu (sumber: idntimes.com)

Laman Kompasiana berhantu? Semula saya tidak percaya, saya kawatir dihapus oleh admin tersayang. Ternyata saya tunggu sampai sore tidak ada "surat cinta" dari admin.

Kejadiannya begini, karena saya baru menayangkan satu tulisan pada Sabtu 27 Februari 2021, sesuai peraturan harus ada jeda satu jam bila ingin menayangkan tulisan berikutnya. Karena ide sedang bergejolak di otak, daripada menguap saya tetap menulis hingga selesai dengan topik tentang "Ghosting". Setelah tulisan selesai saya mengatur penjadwalan tayang pada hari yang sama dengan jam ditambah satu jam. Setelah menekan tombol 'simpan' saya masih memastikan tulisan itu ada di bagian Draft dan memang benar ada.

Setelah lewat satu jam saya memeriksa akun saya dan sangat terkejut, karena tulisan belum tampil. Lebih terkejut lagi saat saya memeriksa pada bagian Draft tulisan itu sudah hilang. Saya masih berpikir positif mungkin sudah tampil pada artikel Terbaru. Ternyata saya periksa juga tidak ada. Jadi tulisan saya yang sudah saya jadwalkan pada bagian Draft benar-benar hilang seperti tema tulisan tentang "Ghosting".

Karena penasaran saya menanyakan kepada admin melalui "Percakapan" namun hingga hari ini belum dijawab, mungkin karena Sabtu-Minggu admin yang bertugas terbatas.

Kasus seperti ini baru pertama kali saya alami, dari sejak saya bergabung dengan Kompasiana hingga sekarang saya sudah berkali-kali menggunakan fitur penjadwalan dan selalu tayang pada tanggal dan waktu yang diinginkan.

Saya tidak tahu kasus ini disebabkan apa, atau pada hari Sabtu 27 Februari 2021 sedang ada pemeliharaan sistem sehingga tulisan saya bisa tidak tayang bahkan hilang. Dan saya yakin tidak mungkin dihapus admin karena tulisan asli dan tidak copy paste dari tulisan manapun. Mungkin bagian IT Kompasiana bisa menelusuri kejadian ini agar kasus ini tidak terulang pada siapapun.

Solusi pencegahan

Sulitnya tulisan ini saya tulis melalui gawai jadi saya menulis langsung. Kalau menulis dengan notebook biasanya saya menulis menggunakan MS Word baru setelah selesai dipindahkan ke Kompasiana untuk ditayangkan.

Adakah Kompasianer yang memiliki tips menulis melalui gawai yang lebih aman? Semoga ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun