Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kelola Waktumu dengan Baik

4 Februari 2021   21:35 Diperbarui: 4 Februari 2021   21:59 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengatur waktu (sumber: viva.co.id)

Salah satu faktor penting dalam bekerja adalah mengelola waktu dengan baik. Dalam setiap melaksanakan tugas, Anda harus pandai membuat perencanaan, lalu membuat prioritas pekerjaan yang harus didahulukan.

Belajar dari petuah seorang motivator terkenal, Brian Tracy yang dalam salah satu sesi pelatihannya mengatakan 'Tiap menit yang Anda habiskan dalam membuat perencanaan akan menghemat waktu Anda 10 menit pada pelaksanaannya. Dan hal ini memberi Anda 1000% pengembalian enerji".

Salah satu teori manajemen waktu dengan tegas menyatakan bahwa cara mengelola waktu terbaik adalah dengan membuat perencanaan.

Suatu perencanaan yang baik dan tepat akan menghemat waktu dan tenaga. Sebaliknya, bila tanpa membuat perencanaan yang baik, maka Anda akan kehilangan banyak waktu  secara sia-sia. Contoh paling mudah,  seorang tukang pos yang tidak memiliki perencanaan yang baik saat mengantarkan surat-surat yang harus dikirimkannya, dia akan membutuhkan waktu dan tenaga yang jauh lebih banyak. 

Dia akan berputar-putar menghabiskan waktu secara tidak efektif dan memboroskan tenaganya. Oleh karena itu, sebelum mulai nembagikan surat, dibutuhkan sebuah perencanaan yang tepat dalam setiap area yang harus didatanginya, dengan cara menyortir dulu dan mengelompokkan surat-surat berdasar areanya. Sama halnya dengan kehidupan, agar Anda tidak hanya berputar-putar tanpa tujuan yang jelas, Anda harus menentukan arah tujuan terlebih dulu.

Zivanna Letisha, penulis buku "Juara Mengatur Waktu", menuliskan dua istilah penting tentang waktu. Pertama, Clock Time dan kedua, Real Time. "Clock Time" adalah sebuah ukuran dan patokan yang Anda gunakan secara internasional (1 hari = 24 jam, 1 jam = 60 menit dan seterusnya). "Real Time" adalah waktu yang digunakan tiap orang sesuai dengan cara pengaturannya. 

Ada orang yang mampu mengaturnya dengan baik, tapi ada juga yang menyia-nyiakan waktunya. Real Time inilah yang harus Anda perhatikan dengan baik. Bila Anda gagal mengatur Real Time Anda, maka seluruh aktifitas Anda akan kacau dan berantakan.

Setiap manusia dianugerahi Tuhan jumlah waktu yang sama dalam satu hari yaitu 24  jam. Gunakanlah secara bijak. Jangan selalu berusaha menunda waktu dengan berpikir masih ada hari esok. Padahal tak seorangpun tahu apa nasib Anda pada esok hari. Karena itu, gunakan waktu secara bijak dalam kehidupan Anda.

Bagaimana cara Anda mengelola waktu ?

Mengapa Anda perlu mengelola waktu dengan baik? Langkah apa yang harus Anda lakukan agar dapat mengelola waktu dengan baik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun