Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Membuat Eco Enzyme Peluang Kerja untuk Indonesia Bersih

3 Februari 2021   19:52 Diperbarui: 26 September 2021   06:38 926 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membuat Eco Enzyme Peluang Kerja untuk Indonesia Bersih
Eco Enzyme (sumber: blog.sayurbox.com)

Pernahkah Anda iseng berselancar melihat-lihat produk yang ditawarkan oleh market place seperti Tokopedia.com? Pernahkah Anda menemukan Eco Enzyme? Cukup banyak jenis Eco Enzyme yang ditawarkan dari mulai harga Rp.12.500 hingga Rp.300.000,- tergantung ukuran ml yang dipasarkan.

Bila Anda kini lebih banyak dirumah karena pandemi, usaha hijau (green job) ini dapat dilakukan. Entah sekedar untuk keperluan pribadi dan keluarga, entah untuk dikomersilkan atau dijual di market place.

Cobalah tengok dapur Anda, tentu banyak ditemukan sampah atau sisa organik seperti kulit buah dan sayuran. Biasanya sampah organik ini dan sampah lainnya dibuang ke tempat sampah, lalu oleh petugas kebersihan sampah ini diambil tiap hari untuk dibuang ke TPA. Itulah sebabnya TPA makin hari makin penuh dan kekurangan lahan.

Melalui beberapa ahli lingkungan Anda mungkin sudah pernah diajarkan cara membuat pupuk kompos dari sampah organik atau diajak bercocok tanam sayur hidroponik. Nah, berkat penemuan seorang doktor lingkungan asal Thailand, kini dikembangkan pembuatan dan penggunaan Eco Enzyme.

Manfaat Eco Enzyme

Daripada sampah atau sisa organik menumpuk di tempat pembuangan sampah, cobalah unuk mengembangkan green job dengan mengolah sisa organik menjadi Eco Enzyme.

Eco Enzyme yang akan Anda buat ini hasilnya berupa cairan zat organik yang dibuat dengan teknik fermentasi terhadap sisa organik yang dicampur dengan air dan gula. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma asam yang kuat.
Cairan ini ternyata banyak fungsinya, padahal dibuat dari sisa organik yang seharusnya dibuang.

Manfaat Eco Enzyme diantaranya dapat menghemat pengeluaran beaya pembelian cairan untuk pembersih rumah, membantu menghilangkan bakteri dan jamur pada bagian rumah (berfungsi sebagai antiseptik), memurnikan air dan air tanah, mengurangi polusi, dan membersihkan karat pada saluran pipa. Eco Enzyme juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk, pengusir hama dan membersihkan air yang mencemari lingkungan.

Belajar Membuat Eco Enzyme

Memang Eco Enzyme sudah tersedia di market place, Anda tinggal pesan maka pesanan akan langsung dikirim setelah Anda bayar. Tapi rasanya kurang enak ya, bila sampah atau sisa organik yang ada di dapur tidak Anda manfaatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan