Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Liburan Datang, Maling pun Datang

30 Desember 2020   19:04 Diperbarui: 30 Desember 2020   19:05 65 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liburan Datang, Maling pun Datang
Curanmor (sumber: gridoto.com)

Biasanya kejadian kejahatan musim-musimam, kejahatan curanmor  (pencurian kendaraan bermotor) dan rusong (rumah kosong) biasanya meningkat pada hari libur. Di tempat parkir yang penuh sesak juga penjahat sering beraksi, menunggu kelalaian pemakai kendaraan bermotor karena terburu-buru meninggalkan sepeda motornya untuk segera berbelanja atau menuju tempat hiburan.

Bagi mereka yang ingin pergi berlibur, disarankan untuk menitipkan kunci rumah pada tetangga yang dapat dipercaya, agar lampu rumah dapat dimatikan pada siang hari dan dihidupkan pada malam hari. Penjahat spesialisasi rusong dan curanmor biasanya menandai lampu rumah yang hidup pada siang hari pasti penghuninya sedang pergi.

Bila ingin bepergian sebaiknya masukkan sepeda motor kedalam rumah dan kunci pada setang, tambahkan kunci cadangan pada roda dan kunci pintu dengan baik, termasuk kunci pintu gerbang.

Bila sedang bepergian sebaiknya STNK disimpan tersembunyi dan jangan diletakkan di dalam bagasi motor, BPKB bila memungkinkan simpanlah di safe deposit box.

Bila Anda sedang tidak bepergianpun sebaiknya sepeda motor disimpan di dalam rumah dan tidak di parkir sembarangan di halaman depan rumah, apalagi dengan kunci masih menempel.

Bila memarkir kendaraan di area parkir jangan lupa mengunci setang dan menambahkan pengaman tambahan misal gembok pada roda.

Bila sepeda motor Anda masih baru, disarankan menambahkan alaram dan key ignition system. Key ignition system ini akan memberitahukan bila mesin motor dihidupkan dan pada radius tertentu mesin motor secara otomatis akan mati sendiri. Anda tinggal lapor pada polisi bahwa sepeda motor Anda sedang dicuri.

Agar sepeda motor Anda tidak menjadi incaran penjahat, pasanglah stiker pengenal yang spesifik, sehingga susah dijual.

Bila Anda pergi berbelanja atau ke tempat hiburan menjelang hari libur, sebaiknya memarkir sepeda motor ditempat aman. Bila perlu tambahkan tutup kunci magnetik pada stop kontak yang prinsipnya membuat penjahat segan menyatroni sepeda motor Anda karena dianggap membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambilnya. Penjahat curanmor biasanya memilih kendaraan yang bisa disikat dalam waktu cepat.

Tips lain sebaiknya jangan bepergian dengan sepeda motor ke daerah sepi serta usahakan kurangi bepergian pada malam hari.

Semoga dengan semua kehati-hatian di atas Anda akan terbebas dari curanmor.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x