Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Kala Sang Ratu Jatuh Sakit

29 November 2020   12:00 Diperbarui: 29 November 2020   12:05 57 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kala Sang Ratu Jatuh Sakit
Ilustrasi ratu (sumber: bobo.grid.id)

Alkisah pada sebuah kerajaan di negeri antah berantah memiliki seorang raja yang bijak dan seorang ratu yang cantik. Raja dan ratu ini dikaruniai seorang pangeran yang tampan namun susah makan.

Pada suatu saat, muncullah suatu penyakit yang sulit disembuhkan. Dokter dan dukun istana sudah berikhtiar keras untuk mengobati sang ratu. Namun yang dikawatirkan oleh dokter dan dukun istana bahwa penyakit ini sangat mudah menular. Maka dokter dan dukun istana berpikir keras bagaimana caranya untuk menyelamatkan raja dan pangeran agar jangan sampai tertular.

Akhirnya seorang dokter istana menemukan cara untuk mencegah penularan yakni harus membuat tubuh memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik. Syaratnya harus rajin makan sayur dan buah-buahan serta rajin berolahraga.

Untuk berolahraga pangeran sangat rajin, ia belajar bela diri dan ilmu pedang, cara menunggang kuda dan mendaki gunung. Namun pangeran sangat susah makan apalagi sayur dan buah-buahan, pangeran selama ini hanya suka makan daging. Dokter istana dan koki istana berikhtiar untuk membuat makanan berbahan sayur dan buah-buahan yang menarik agar pangeran mau makan sayur. 

Dokter istana yang merasa kesulitan akhirnya minta bantuan pada raja. Raja pun memanggil pangeran dan menasihati supaya mau makan sayur agar tidak sakit seperti ibunda ratu. 

Pangeran yang tidak mau sakit dan melihat betapa menderitanya sang ratu, akhirnya memaksakan diri untuk makan sayur. Beruntunglah karena kekebalan tubuh yang kuat, raja dan pangeran mampu mengatasi penularan penyakit yang sedang mewabah itu. Akhirnya sang ratu sembuh, dan ketiganya hidup berbahagia.

Nah, anak-anak dan adik-adik, sekarang dunia sedang terjangkit pandemi Covid-19, sangat diperlukan kekebalan tubuh. Untuk itu rajinlah berolahraga dan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Salam sehat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x