Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Yang Tak Pernah Terulang

20 Oktober 2020   21:42 Diperbarui: 20 Oktober 2020   21:46 27 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Tak Pernah Terulang
Waktu (sumber: grestmind.id)

Meski tiap hari berulang dari jam satu ke jam dua puluh empat, namun selalu dikatakan waktu tidak pernah terulang. Karena jam satu hari ini berbeda dengan jam satu kemarin maupun jam satu besok pagi.

Seorang peneliti pernsh melakukan penelitian soziologis dengan responden 50 orang berusia lanjut di atas 95 tahun dengan satu pertanyaan "apa yang akan Anda lakukan dengan cara berbeda". Pertanyaan ini bersifat terbuka, mestinya peneliti itu akan mendapat banyak jawaban berbeda.

Uniknya ada tiga jawaban yang mendominasi, yakni saya akan lebih banyak merenung, saya akan lebih berani mengambil riiko dan saya akan melakukan sesuatu yang tetap langgeng meski saya sudah meninggal. Artinya, bila diberi kesempatan orang akan melakukan tindakan yang bermanfaat.

Hsnya karena waktu tidak pernah terulang, maka janganlah menyia-nyiaksn waktu yang sangst berharga.

Anda harus memznfaatkan waktu dengan tepat guna, harus selalu memanfaatkan waktu untuk tindakan yang bernanfaat..

Apakah saat ini Anda sudah lebih banyak merenungkan tindakan Anda, serta lebih berani mengambil risko dalam tindakan dan keputusan Anda, seperti lebih suka membeti, melakukan kebaikan serta melakukan tindakan yang lebih brrguna, seperti brrprestasi dan menghasilkan karya yang luar biasa yang masih berguna meski Anda sudah tiada?

Ayo gunakan waktu yang tersedia sebaik mungkin. Agar waktu yang masih tersisa dapat digunakan  sebaik- baiknya. Coba renungkan, apakah Anda sudah memafaatkan waktu selana ini dengan optimal?

Tingkatkan melakukan hal-hal yang bermanfaat dalam hidup Anda. Perbanyaklah melakukan hal-hal yang bermanfaat. Karena saat ini adalah titik di mana Anda dapat mengubah tindakan Anda agar lebih bermanfaat.

VIDEO PILIHAN