Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Petunjuk bagi Warga Senior

25 September 2020   06:39 Diperbarui: 25 September 2020   07:22 25 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Petunjuk bagi Warga Senior
Warga senior (sumber: whepee.com)

Bagi Anda yang sudah tergolong senior kalau risih disebut tua, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkaitan dengan kegiatan di kamar mandi. Karena kamar mandi sering ada genangan air yang menyebabkan bahaya terpeleset. Yang dimaksud dengan warga senior adalah Anda yang berusia 55 tahun ke atas

Sebaiknya pintu kamar mandi hanya ditutup tetapi tidak perlu dikunci. Agar anggota keluarga lain tidak mengganggu aktivitas Anda di kamar mandi, di depan pintu kamar mandi dapat ditempelkan tulisan "Sedang dipakai". Hal ini guna menjaga apabila Anda jatuh di kamar mandi mudah ditolong, karena warga senior keseimbangan badannya sudah menurun. Sebaiknya saat memzsuki kamar mandi juga wajib berhati-hati dan jangan tergesa-gesa.

 Pada saat memasuki kamar mandi disarankan jangan memakai sandal yang menyebabkan terpeleset karena lantai kamar mandi yang licin. Lantai kamar mandi licin biasanya akibat sisa sabun yang tidak tersiram dengan bersih.

Saat mau mandi bila melepas paksian, disarankan untuk selalu brrpegangan pada dinding kamar mandi atau pegangan yang terpasang di dalam kamar mandi. Hal ini guna mencegah Anda agar tidak kehilangan keseimbangan.

Bagi Anda yang keseimbangan tubuhnya sudah sangat menurun sehingga harus mzndi dengan duduk. Jangan menggunakan kursi plastik. Hal ini karena kursi plastik mudah slip, sehingga dikawatirkan Anda bisa terjatuh

Pada saat mandi cara menyiram air juga ada tata caranya supaya aman. Jangan langsung disiram seperti saat Anda masih muda. Siramkah mulai dari telapak kaki, lalu naik ke betis, paha, perut hingga pundak. Setelah itu harus berhenti sejenak. Bila tidak merasakan merinding, boleh dilanjutkan seperti mandi biasa. Hal ini sebenarnya cara mandi yang dapat diterapkan pada semua usia, khususnya bagi penderita penyakit diabetes, kolesterol, migran dan hipertensi.

Bagi warga senior yang hobi berenang, disarankan untuk tidak langsung menyelam. Sebaiknya lakukan tahapan seperti saat mandi pada pzragraf sebelumnya.

Bila baru datang dari bepergian jauh, sebaiknya beristirahat dulu, jangan langsung menuju ke kamar mandi. Disarankan untuk mandi dengan air hangat, jangan mandi dengan air dingin karena dapat menyebabkan kedinginan dan nafas tersengal-sengal. Hal ini sangat berbahaya bagi Anda yang mengidap penyakit 


Ribet ya? Ya tidak, karena warga senior sudah berumur, penunjang tubuhnya sudah renta, jadi wajib lebih berhati-hati. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x