Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Giring PSI Nyapres, Itu Hanya "Test The Water"

26 Agustus 2020   12:22 Diperbarui: 26 Agustus 2020   13:10 84 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Giring PSI Nyapres, Itu Hanya "Test  The Water"
Baliho Giring (sumber: mnews.com)

"Test The Water" sering dilakukan para politisi untuk memancing reaksi publik. Sering dilakukan pula oleh para tim pemasar sebelum menjual produl baru, tujuannya untuk memancing reaksi konsumen sebelum produk benar- benar turun ke pasar.

Sama halnya seperti calon walikota kota Tangerang Selatan, jauh hari sebelum tanggal Pilkada ditetapkan banyak baliho, spanduk dan poster seorang tokoh untuk TangSel-1. Jadi, bila beberapa hari yang lalu banyak baliho Giring Ganesha politikus dari PSI bermunculan anggap saja sedang "Test The Water". Hal ini pernah terjadi pula sebelum Pilpres 2019, Annis Mata yang saat itu masih bergabung dengan PKS (sebelum mendirikan Partai Gelora) pernah muncul balihonya untuk nyapres.

Uniknya Giring Ganesha yang baru diangkat menjadi Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) setelah Grace Natalie mengundurkan diri karena harus menempuh studi S2 di NUS Singapura, maju nyapres untuk Pilpres 2024 hanya bermodalkan semangat dan mimpi besar anak muda untuk berani memimpin Indonesia.

Tentu semangat saja agak sulit mengingat era 75 tahun Kemerdekaan RI bukan era penjajahan, seperti saat Soekarno muda memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan diberi mandat menjadi Presiden RI pertama.

Tentunya juga beda dengan jalur Presiden RI saat ini, Joko Widodo yang harus melalui jenjang bertahap dari Walikota Solo, lalu Gubernur Provinsi DKI Jakarta hingga terpilih pada Pilpres 2014.

Meski Giring menyatakan pada Pilpres 2024 didominasi pemilih muda dan elektabilitas PSI terus meningkat dan telah mendapat dukungan dari Presiden RI saat ini Joko Widodo dan sejumlah partai politik meski hanya sebatas komunikasi internal saja, langkah Giring untuk maju nyapres masih terjal.  Hal ini disebabkan PSI saat Pemilu 2019 hanya berhasil meraih posisi ke 12 dari 17 partai politik yang berlaga. Hasil perolehan suara PSI hanya 2,6 juta suara atau 1,89% yang jelas dibawah Parliamentarty Threshold 4% sehingga tak mampu menempatkan wakil di DPR RI.

Giring yang meninggalkan zona nyamannya di bidang musik (Nidji) dan pindah ke jalur politik sebenarnya jumlah suaranya di Jawa Barat 1 yang merupakan dapil wilayah Bandung dan Cimahi berhasil memperoleh capaian suara cukup tinggi yakni 97.000 suara.

Giring yang memiliki pengalaman sebagai Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esport ini cukup memiliki pengalaman berinteraksi dengan pemain esport lokal maupun internasional.

Memang mencalonkan diri menjadi Presiden adalah hak setiap warga negara, semoga mimpi Giring yang kini memiliki seorang isteri dan empat orang anak ini berhasil menggapai mimpinya seperti soundtrack lagu film "Laskar Pelangi" yang diciptakan kelompok musik Nidji.

"Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia, berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya." (Laskar Pelangi).

VIDEO PILIHAN