Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Chatbot Pengganti Customer Relation?

25 Juli 2020   08:18 Diperbarui: 25 Juli 2020   08:13 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Apa itu chatbot? Beberapa perusahaan sekarang sudah banyak menggunakan chatbot. Chatbot adalah robot yang mampu melakukan chat, sebuah teknologi berbasis kecerdasan buatan yang dapat menjawab pertanyaan pelanggan melalui web, aplikasi, whatsapp atau sms.

Fungsi chatbot hampir sana dengan customer relation atau customer service yang dengan cepat memberikan tanggapan atas pertanyaan atau keluhan pekanggan.

Makin canggih chatbot tentu makin pintar menjawab semua pertanyaan yang diajukan tidak sekedar menjawab FAQ (Frequent Ask Question) saja.

Agar menarik beberapa chatbot diberi nama, pada umumnya nama wanita.

Untuk kebutuhan yang cepat dalam mendapatkan jawaban, fungsi chatbot ini cukup menarik karena mampu memberikan jawaban dengan baik, tentunya asal jangan pertanyaan yang terlalu teknis yang mungkin belum diprogramkan pada "otak" chatbot.

Sayangnya penggunaan chatbot ini berdampak pengurangan penggunaan tenaga kerja manusia yang memiliki beberapa kelemahan seperti lelah, bad mood dan sakit.

Dengan maraknya penggunaan teknologi digital, penggunaan chatbot ini sangat tepat guna. Terjadi sinkronisasi karena semua pertanyaan akan bisa terjawab dengan akurat.

Jadi jangan heran bila suatu hari Anda menerima sms dari "Rina", dia adakah chatbot, semoga tidak terjadi pertengkaran dengan isteri atau pacar yang mencurigai mendapat sms dari WIL (wanita idaman lain).

Penggunaaan chatbot secara luas akan mengatasi antrean panjang dari pelanggan yang ingin mengajukan pertanyaan atau keluhan, dapat dioperasikan 24 jam x 7 hari tidak nengenal libur dan cuti serta mampu menjawab dengan intonasi yang selalu segar.

Perkembangan teknologi chatbot mengarah kepada teks ke suara. Jadi kalau saat ini masih berbentuk teks nantinya akan berkembang ke chatbot yang dapat berbicara.

Selamat berkenalan dengan chatbot !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun