Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Selamat Bekerja Kembali Kaum Rebahan

5 Juli 2020   14:14 Diperbarui: 5 Juli 2020   14:19 28 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Bekerja Kembali Kaum Rebahan
Ilustrasi kantor (sumber: indozone.id)

Setelah kurang lebih tiga bulan lamanya mendapat kesempatan Work From Home atau bekerja dari rumah, karena adanya upaya untuk mengurangi terjadinya kerumunan di kantor agar dapat mengurangi laju penularan virus Corona atau Covid-19. Selama kurun waktu ini terciptalah yang disebut kaum rebahan, setelah lelah bekerja, karena di rumah Anda dapat dengan aman dan mudah beristirahat tiduran di rumah.

Berbeda dengan kondisi di kantor dimana Anda harus bekerja selama 8 jam dengan hanya diberi waktu istirahat 1 jam untuk makan siang atau jedah rehat kopi selana 15 menit pada jam 10 dan 15.

Kini setelah banyak aturan PSBB dicabut dan diarahkan ke era Kenormalan Baru (New Normal), Anda harus kembali lagi ke habitat lama yakni bekerja di kantor.

Namun perlu diperhatikan faktor keselamatan diri selama dalam perjalanan ke kantor dan kembali khususnya bagi Anda yang nenggunakan transportasi umum serta saat berinteraksi di kantor. 

Saat di dalam transportasi umum, hindari kendaraan yang sudah padat. Duduklah selang seling dengan pengguna transportasi umum lainnya, sehingga protokol jaga jarak tetap terpenuhi. Jangan lupa terap memakai masker atau face shield agar aman bagi Anda dan orang-orang disekitar Anda.  Bagi Anda yang menggunakan transportasi ojol, bawalah helm sendiri.

Setelah tiba di kantor atau tempat kerja cucilah tangan dengan sabun pada air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Sebelum memasuki kantor atau tempat kerja harus ada pemeriksaan suhu badan. Usahakan menjaga jarak dengan sesama teman kerja. 

Bila bisa hindari pertemuan (meeting) tatap muka  yang bisa digantikan dengan pertemuan secara digital seperti menggunakan surat elektronik atau telepon.

Bila terpaksa dilakukan pertemuan tatap muka, sebaiknya sebelum rapat dimulai  ruang rapat sudah disemprot dengan desinfektans dan duduk berjarak. Lakukan rapat secara efisien dan setelah rapat selesai ruang rapat kembali disemprot dengan desinfektans.

Saat tiba di rumah harus segera cuci tangan atau dengan hand sanitizer. Melepas alas kaki di depan rumah, segera mandi dan berganti pakaian. Pakaian kerja harus segera direndam dengan detergen dan siap cuci. Dengan demikian keluarga Anda di rumah akan terjaga keselamatannya.

Dunia kerja atau bisnis harus terus berdenyut agar roda perekonomian negara tidak menuju jurang kebangkrutan. Sikapilah era Kenormalan Baru dengan kembali bekerja seperti biasa namun dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Semoga Anda tetap dapat menafkahi kehidupan keluarga dan Anda beserta keluarga tetap aman hidup berdampingan dengan virus Corona atau Covid-19 yang belum ditemukan anti virusnya. 

Selamat bekerja kembali!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x