Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hidup Berdampingan Dengan Covid, Siapa Takut?

24 Mei 2020   08:49 Diperbarui: 24 Mei 2020   09:00 46 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Berdampingan Dengan Covid, Siapa Takut?
Ilustrasi covid (sumber: cnnindonesia)

Banyak pihak yang meramalkan guna menyelamatkan perekonomian yang makin memburik, manusia harus hidup berdampingan dengan covid. Manusia tidak bisa dipaksa berdiam di rumah terus menerus, sementara mereka harus bekerja mencari sesuap nasi untuk dirinya dan keluarganya.

Secara bertahap PSBB akan dilonggarkan , tempat ibadah, mall, rumah makan dan tempat hiburan akan mulai dibuka kembali.

Sebaiknya jangan terlalu ketakutan atau panik, hidup berdampingan dengan covid dalam beberapa bulan kedepan niscaya akan menjadi kebiasaan baru yang sering disebutkan sebagai "New Normal". Belajarlah untuk meerima  kenyataan ini.

Karena hingga saat ini anti virus untuk covid  masih belum ditemukan, mulai biasakan untuk banyak minum air hangat, konsekuensinya Anda akan lebih banyak ke kamar kecil saja.

Hal lain yang harus mulai.menjadi kebiasaan Anda adalah menjaga kebersihan  seperti lebih sering  mencuci tangan, mengganti  dan mencuci pakaian setelah bepergian dan mandi setelah keluar dari rumah. Mandi cukup dengan sabun biasa, tidak harus dengan sabun antiseptik. Anda sebaiknya meletakkan alas kaki di luar rumah.

Bila berada di luar rumah harus menjaga jarak paling tidak 1,5-2 meter dengan orang lain,tidak perlu terlalu sering menggunakan disenfektan bila tidak bersentuhan dengan penderita covid, sebaiknya hindari tempat yang berdesak-desakan.

Covid-19 tidak dapat menular.melalui makanan, jadi memesan makanan secara daring masih tergolong aman. Anda dapat memanaskan dengan microwave bila perlu.

Penggunaan masker tidak perlu sepanjang hari, sebaiknya saat berada di keramaian saja. Bila berjalan di taman yang udaranya segar, masker dapat dilepas, apalagi bila Anda iagi  berolahraga.

Mengkonsumsi minuman herbal seperti jahe, empon-empon baik, namun tidak bisa menjamin Anda akan 100% terhindar dari covid. Minuman ini hanya meningkatkan kekebalan tubuh saja.

Tidak perlu harus menggunakan sarung tangan, cuci tangan yang benar sudah cukup memadai.

Agar kekebalan tubuh Anda meningkat  jangan berdiam diri atau mengurung diri di rumah, mulailah pergi ke taman atau berkunjung ke rumah teman secara teratur.

Semoga Anda tidak perlu panik hidup berdampingan dengan covid, asal tahu caranya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x