Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ngabuburit Kreatif di Tengah Pandemi Corona

4 Mei 2020   21:45 Diperbarui: 4 Mei 2020   21:42 13 2 0 Mohon Tunggu...

Salah satu sarana sosialisasi yang mudah dan menyenangkan pada bulan Ramadan adalah ngabuburit dan buka puasa bersama. Ngabuburit sebenarnya istilah dalam bahasa Sunda yang kini telah menjadi istilah nasional sering dilakukan anak.muda dengan duduk-duduk bergerombol menanti azan buka Puasa, bisa sambil main game atau naik sepeda atau sepeda motor keliling kota. Banyak pula orang kantoran yang lazim pulang lebih awal untuk berburu takjil sebagai oleh-oleh bagi keluarga untuk buka Puasa bersama keluarga.

Kini di tengah pandemi corona semua kegiatan atau aktivitas di luar rumah dibatasi. Di rumah Anda tetap bisa bermain game atau membaca kitab suci Al Quran guna meningkatkan nilai religi Anda, Anda dapat pula mengembangkan ngabuburit kreatif untuk menambah isi dompet Anda.

Jualan Online

Pada musim pandemi corona ini tingkat penjualan online naik dengan pesat. Anda juga dapat memanfaatkan peluang bisnis ini dengan mwmbuat takjil seperti kolak pisang, es timun suri, es buah dan sejenisnya, santapan buka puasa atau makan sahur seperti nasi uduk, nasi liwet, nasi kuning dan sejeninya atau membuat paket kue Lebaran seperti nastar, lidah kucing atau kastengel. Kreasi Anda ini dapat Anda videokan lalu diunggah ke sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter untuk Anda memasarkan hasil kreasi Anda. Makin kreatif unggahan Anda, pasti akan lebih menarik calon pembeli. Setelah ada calon pembeli Anda tinggal mengumpulkan PO atau istilahnya 'open PO'. Makin laris jualan online Anda, makin tebal uang yang masuk ke kocek Anda.

Bila Anda mau berjualan secara konservatif , Anda tetap dapat lakukan dengan membuka lapak di depan rumah atau di pinggir jalan, baik takjil, makanan untuk berbuka / sahur dan kue Lebaran dapat Anda pasarkan pada saat ngabuburit.

Sebenarnya masih banyak ide kreatif yang bisa Anda buat pada saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka Puasa, bila Anda tidak memiliki hobi kuliner, Anda dapat membuat materi kultum yang dapat Anda pasarkan melalui youtube,  ila Anda sudah memenuhi kriteria youtube maka Anda tinggal menangguk dana dari hasil kreasi Anda.

Bagi Anda yang hobi menulis, saat ngabuburit adalah saat yang tepat untuk membuat tulisan. Misal mengikuti program Samber THR dari Kompasiana yang bisa menambah kocek Anda hingga 10 juta Rupiah maupun hadiah-hadiah lain. Disamping itu Anda dapat terus mengembangkan bakat menulis karena diwajibkan menulis nonstop selama 28 hari.

Yuk, manfaatkan waktu ngabuburit di tengah pandemi corona ini dengan sekreatif mungkin. Meski berdiam diri di dalam rumah, Anda harus tetap kreatif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x