Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Selamat Ulang Tahun, KOMIK

19 Agustus 2019   14:52 Diperbarui: 19 Agustus 2019   18:34 0 4 3 Mohon Tunggu...
Selamat Ulang Tahun, KOMIK
Nobar Marathon (sumber: KOMIK)

KOMIK adalah sebuah komunitas bagi Kompasianer pecinta film. Tanpa terasa, komunitas ini sudah berusia lima tahun. Terbentuk tahun 2014 dengan admin atau nahkoda Agung Han. Dalam perkembangannya, Agung Han dibantu oleh Dewi Puspa dan Dina yang kini hijrah ke Perancis.

Pada usianya yang ke lima ini sudah terjadi alih generasi, admin kini dipegang oleh Dewi Puspa dengan beberapa admin baru, Linda, Noval  dan Yogi. Perayaan ulang tahun ke lima KOMIK dirayakan dengan seabrek kegiatan.

Diawali dengan kuis KOMIK selama lima hari berturut-turut melalui Twitter dengan hadiah tiket nonton. Dibarengi dengan tantangan KOMIK berupa blog competition yang mewajibkan peserta untuk menuliskan mengenai dunia perfilman nasional. Terkumpul puluhan tulisan, yang menurut info terakhir akan dibukukan.

Nobar Marathon

Penulis artikel dalam program tantangan KOMIK ini diganjar hadiah dalam program Nobar Marathon. Program Nobar Marathon diselenggarakan Minggu 18 Agustus 2019 diawali dengan mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jalan Imam Bonjol No.1, Jakarta. Dengan didampingi seorang pemandu wisata, Ari Suryanto. Peserta Nobar Marathon diajak mengelilingi dan menyaksikan bukti sejarah di rumah bekas kediaman perwira Jepang, Maeda baik di lantai 1 maupun 2. Sebelum berkeliling, peserta mendapatkan goodie bag yang isinya mug KOMIK, sebotol air minum dalam kemasan dan roti jadoel Tan Ek Tjoan.

Mendengarkan penjelasan pemandu wisata (dok Babeh Helmi)
Mendengarkan penjelasan pemandu wisata (dok Babeh Helmi)
Berfoto di depan Museum (sumber: Babeh Helmi)
Berfoto di depan Museum (sumber: Babeh Helmi)

Museum tidak hanya memperlihatkan foto, video / film dan barang-barang bersejarah saja, tetapi juga menyuguhkan dalam bentuk aplikasi yang saat ini hanya dapat diunduh peranti gawai berbasis Android, guna melengkapi kisah-kisah sejarah.

Semula ingin dilakukan jalan bersama sejauh 1.7 KM dari Imam Bonjol ke Cikini, namun mengingat keterbatasan waktu, diubah naik taksi online. Di Cikini, kami makan siang di Gado-Gado Bonbin, sebuah tempat kuliner yang merupakan legenda. Gado-gado siramnya sangat khas dan enak.

Menikmati Gado-Gado Siram (sumber: KOMIK)
Menikmati Gado-Gado Siram (sumber: KOMIK)

Selesai makan siang, kami bergegas menuju TIM XXI di kawasan Taman Ismail Marzuki. Film pertama yang kami tonton "Perburuan" yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini ternyata kurang diminati penonton, terbukti peserta KOMIK mendominasi kursi bioskop.

Acara dilanjutkan dengan menyaksikan film ke dua "Bumi Manusia" yang dibintangi Iqbal Ramadhan dan disutradarai Hamung Bramantyo. Film berdurasi tiga jam ini rupanya sangat diminati penonton, terbukti hampir seluruh studio dipenuhi penonton.

Ironisnya, studio TIM XXI tempat kami melakukan Nobar Marathon kemarin, adalah pertunjukan hari terakhir. Sehingga kami perlu mengabadikan keberadaan kami di depan gedung bioskop TIM XXI.

TIM XXI Farewell (sumber: Babeh Helmi)
TIM XXI Farewell (sumber: Babeh Helmi)

Acara ulang tahun ke lima KOMIK masih berlanjut dengan blog competition tentang acara ulang tahun atau review film.

Tentang KOMIK

Kegiatan KOMIK yang regular adalah nonton bersama (nobar) yang diikuti dengan penulisan review di blog keroyokan Kompasiana. Film yang diputar beragam, dari film nasional, Thailand, Korea Selatan dan Barat.

Kadang-kadang menyaksikan film pilihan di Kedutaan Besar maupun pekan film yang diadakan institusi kebudayaan kedutaan besar tertentu, misal Perancis, Jerman, Belanda dan Australia.

Bahkan pernah mengadakan nobar dalam bentuk lancar tancap, serta mengadakan diskusi dengan penulis skenario. Pokoknya, beragamlah kegiatan KOMIK.

Selamat ulang tahun ke lima, KOMIK (8 Agustus 2014 - 8 Agustus 2019). Semoga makin sukses di kemudian hari.