Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sekarang Serba Simpel, Buat Rekening Dimana Saja dan Kapan Saja

25 Mei 2019   06:07 Diperbarui: 25 Mei 2019   06:20 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transaksi simpel (sumber: www.artikelinformasi.com)

Saya memiliki kenangan manis tentang bank. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar dan belum memiliki Kartu Tanda Penduduk, saya sudah diajak ke Bank oleh ibu saya dan diminta membuat rekening tabungan. Tentunya dengan tujuan agar mau belajar menabung.

Saat itu bank swasta belum sebanyak sekarang dan saya diajak ke bank pemerintah yang merupakan bank ibu saya. Saya harus belajar membuat tanda tangan, karena untuk mengambil uang tabungan harus membubuhkan tanda tangan yang sama.

Sejak memiliki rekening bank, sisa uang jajan, hadiah lomba mengarang, honor membuat Teka Teki Silang maupun menulis artikel di koran dan majalah, semuanya masuk ke tabungan. Sebaliknya bila kepingin nonton film, mengambil dana dari tabungan, jadi tidak perlu minta uang kepada orang tua.

Ketika sudah memasuki dunia kerja, saya mulai mengenal bank swasta, karena gaji ditransfer langsung ke rekening, dan saya mulai mengenal Bank Central Asia (BCA). Selain membuka tabungan, saya juga mendaftar aplikasi kartu kredit, jadi kartu kredit pertama saya dari BCA. 

Dulu kalau mau mengambil uang dari tabungan harus datang ke bank, antre dan sangat membuang waktu.  Apalagi saat itu BCA sudah merupakan bank swasta terbesar.

Saat anjungan tunai mandiri (ATM) diperkenalkan, sangat membantu, karena tidak perlu lagi pergi ke bank. Cukup mencari ATM, kapanpun dan dimanapun bisa mengambil uang. Meski BCA terkenal banyak memiliki ATM, karena nasabahnya banyak, kadang untuk mengambil uang atau transfer uang juga harus antre.

Kemudian muncullah penggolongan strata nasabah bank, mereka yang tergolong Prioritas mendapat pelayanan istimewa. Namun akhirnya layanan Prioritas juga mulai panjang antreannya, meski bisa menunggu sambil minum kopi. Lama kelamaan dana mengendap di bank untuk menjadi nasabah Prioritas dinaikkan untuk mengurangi antrean.

Dibuat Simpel

Kini BCA memiliki fitur-fitur perbankan yang didukung dengan sistem teknologi informasi yang canggih. Untuk membuka rekening baru, Anda tidak perlu harus ke bank, seperti masa kecil saya dulu. 

Jadi bila Anda ingat jingle sebuah produk minuman berkarbon "Dimana saja, Kapan saja, Siapa saja, Minum ...... ", nah dunia perbankan sekarang juga sudah seperti itu, siapapun Anda, dimanapun Anda berada, dan kapan saja hari kerja atau hari libur, Anda dapat membuka rekening bank.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun