Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Mudikcerdik Pilihan

Tips Mudik Aman dan Nyaman

28 Mei 2019   07:28 Diperbarui: 28 Mei 2019   07:36 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tips Mudik Aman dan Nyaman
mudik-5ce49e006b07c55a7d0ca4b2.jpg

Begitu memasuki bulan Ramadan, selain fokus pada kegiatan puasa, buka puasa bersaman shalat tarawih dan meningkatkan nilai-nilai religius, lazimnya Anda juga mulai memikirkan merayakan Lebaran dimana.

Khususnya bagi pasangan suami isteri yang berasal dari daerah yang berbeda, misal suami dari Aceh dan isteri dari Yogya, atau isteri dari Malang, Jawa Timur dan suami dari Makassar, Sulawesi Selatan tentu harus memikirkan mau mudik atau pulang kampung kemana. Beruntunglah pasangan suami isteri yang berasal dari daerah yang sama, karena dapat mudik ke tempat yang sama.

Untuk tenggang rasa bagi pasangan suami isteri yang berasal dari daerah berbeda biasanya menerapkan sistem bergilir, tahun ini mudik ke Malang, maka tahun depan pulang kampung ke Makassar. Namun bila masalah beaya menjadi kendala, kadang giliran diatur yang ke daerah jauh lebih jarang daripada yang ke daerah dekat. Misal dua kali Lebaran ke Yogya dan sekali Lebaran ke Aceh.

Setelah menentukan tujuan, barulah Anda menentukan menggunakan transportasi darat, laut atau udara.

Pemilihan Moda Transportasi

Bila tujuan mudik harus ke luar Jawa, maka moda transportasi yang paling sering dipilih adalah udara atau laut. Kecuali bagi mereka yang masih memiliki cuti kerja yang banyak, boleh saja menggunakan moda darat namun Anda harus menghitung waktu dan kesiapan mental dan fisik menghadapi perjalanan yang sangat jauh dan kemungkinan ditambah macet.

Menggunakan moda udara, laut atau darat tentu harus jauh-jauh hari memesan tiket agar tidak kehabisan, kecuali Anda berani membawa mobil pribadi atau mobil sewaan.

Bagi yang tujuannya masih dalam satu pulau, bila tujuannya kota besar yang memiliki bandara, memilih moda transportasi udara adalah yang paling nyaman, cepat meski beaya lebih tinggi.

Bila kota tujuan dilewati jalur kereta api, pilihan moda transportasi paling aman dan nyaman serta efisien adalah menggunakan kereta api. Kereta api eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir serta kereta api bisnis dan ekonomi yang berangkat dari stasiun Pasar Senen. Bila kota tujuan masih perlu perpanjangan lagi, dapat dilanjutkan dengan bis antar kota.

Bagi Anda yang tujuannya agak jauh dari stasiun kereta api, tentu dapat menggunakan bis umum antar kota antar provinsi (AKAP), maupun menyewa bis dalam satu komunitas, atau menyewa kendaraan jenis MPV yang dapat mengangkut 1-2 keluarga maupun menggunakan mobil pribadi.

Dengan sudah tersambungnya jalan tol dari Merak (Banten) hingga Surabaya (Jawa Timur) tentu perjalanan darat lebih nyaman dan terhindar dari kemacetan akibat pasar tumpah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3