Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Cold Brew, Kopi Kekinian bagi Pecinta Kopi

6 September 2018   11:04 Diperbarui: 6 September 2018   11:21 734 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cold Brew, Kopi Kekinian bagi Pecinta Kopi
Cold Brew (dokpri)

Dulu, pada era kakek nenek Anda, di Indonesia kopi biasa disajikan dalam keadaan panas, baik saat sarapan pagi, saat jedah di kantor antara jam10.00 dan 15.00 maupun sore hari setelah menyelesaikan pekerjaan kantor. 

Kopi selama ini dikenal sebagai minuman dengan cita rasa pahit, untuk mengurangi rasa pahit, orang sering menambahkan gula sesuai tingkat kemanisan yang diinginkan, bahkan ada inovasi dengan menambahkan susu, baik susu sapi maupun susu kental manis, dan namanya dikenal sebagai kopi susu. Pada umumnya kopi diseduh dengan dituangkan air panas, atau sering dikenal dengan istilah penyajian kopi tubruk.

Dengan mulai masuknya mesin kopi espresso ke Indonesia, mulai bermunculan warung kopi yang mempekerjakan barista untuk mengolah dan menyajikan segelas kopi. 

Variasi kopi yang disajikan juga mulai bervariasi, ada kopi espresso murni, cappuccino, latte, long black dengan kondisi panas, tapi juga ada yang disajikan dingin, dengan ditambahkannya es.

Kini masyarakat makin mobile, dan kebutuhan terhadap minuman kopi masih terus berlangsung. Maka muncullah ide untuk mulai memasarkan kopi dalam kemasan botol, yang dikenal dengan istilah Cold Brew.

Warung Kopi Nusantara

Creme Brulee (dokpri)
Creme Brulee (dokpri)

Warung kopi tersebar dimana-mana dari mulai warung kopi pinggir jalan hingga warung kopi di hotel-hotel berbintang.  Kini warung kopi tidak hanya sebagai tempat menyeruput kopi, tetapi juga menjadi sarana untuk bersosialisasi dan merupakan gaya hidup (lifestyle).

 Warung Koffie Batavia (WKB) yang terdapat di Grand Indonesia, Senayan City, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Kelapa Gading Mall 2 di Jakarta, merupakan salah satu warung koffie yang menyediakan pilihan koffie terbaik Indonesia. 

Disajikan dalam bentuk kopi tubruk maupun kopi Peranakan. Kopi tubruk berupa bubuk kopi yang dituang air panas saja, sedangkan kopi Peranakan ditambahkan susu. 

Di sini Anda dapat memilih kopi Arabica maupun kopi Robusta, guna mendukung peran penting dalam budi daya dan komoditi terbesar dunia, yakni kopi. Menurut sejarah, kopi di Indonesia mulai ditanam di pulau Jawa di daerah Pondok Kopi sekarang.

Selain menyajikan kopi tradisional, WKB juga menyediakan house blend, finest blend, serta kopi yang diracik dengan mesin kopi espresso, sifon maupun Vietnamese drip. Beberapa menu andalan diantaranya Crme Brulee, kopi latte dengan cream caramel, Vanilla Espresso, Green Tea Latte maupun minuman non kopi seperti Strawberry Shortcake.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN