Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Kisah Lucu di Kantor Selama Bulan Ramadan

22 Mei 2018   18:57 Diperbarui: 22 Mei 2018   19:09 1091 1 1
Kisah Lucu di Kantor Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi Lelucon Selama Ramadan (sumber: www.semarangpos.com)

Tanpa bermaksud menghina atau merendahkan sesama manusia, kadang-kadang pernah terjadi hal-hal lucu selama bulan puasa di kantor.  Khususnya sering terjadi pada awal puasa, di saat teman-teman yang menjalankan ibadah puasa belum terbiasa dengan perubahan dari tidak puasa menjadi puasa.

Pada hari ke dua di bulan Ramadan, teman saya yang berpuasa, pada jam istirahat siang atau sekitar jam 12.00 tiba-tiba mencolek tangan saya. "Yuk, makan siang ...". Saya yang mengetahui kalau dia sedang berpuasa, hanya bisa mengingatkan "Tidak salah nih, bukannya kamu sedang puasa". Dengan muka malu, teman saya lalu bergumam "Oh iya ya... lupa saya, padahal tadi pagi sudah sahur."

Pernah terjadi beberapa teman yang tidak berpuasa meninggalkan ruangan untuk makan siang, tiba-tiba seorang teman yang sedang berpuasa, berteriak "Eh, titip nasi rendang satu bungkus ya ...". Kontan saja teman-teman pada bengong, "Apa kamu sedang tidak berpuasa ?". Dan dengan wajah malu, teman itu langsung berteriak "Batal deh, lupa kalau sedang puasa ...".

Kebiasaan rehat kopi pada sekitar jam 10.00 atau jam 15.00 juga sering mengecoh teman yang sedang berpuasa. Tiba-tiba seperti hari biasa, teman itu menyeletuk "Ngopi yuk, ngantuk nih ..". Nah, teman-teman yang duduk disekitarnya hanya bisa bengong, dan berseloroh "Nggak salah mas, ini khan sedang bulan puasa".

Ada teman yang sedang berpuasa secara tidak sengaja tiba-tiba memanggil office boy di kantor "Mas, tolong belikan gorengan ya ..".  Si Office Boy jadi serba salah dan hanya bisa bertanya "Bapak / Ibu sedang tidak puasa ya ?". Yang minta tolong akhirnya jadi malu sendiri.

Atau ada kejadian di pantry, ketika saya sedang lewat di depan pantry, tiba-tiba saya melihat seorang teman sedang menyeduh kopi, sambal ketawa-tawa, dia mengajak minum kopi bersama. Untung saja dia belum meminum kopinya, karena sempat saya ingatkan "Kamu lagi tidak puasa ya ?". Wah mukanya langsung merah, langsung buru-buru dia membuang kopinya, dan berujar "Wah, terima kasih sudah diingatkan .."

Sering kali kejadian saat rapat dengan tamu, setelah rapat berjalan sekitar 1 jam, tiba-tiba salah satu peserta rapat ada yang berujar "Wah koq pelit amat, tumben tidak ada snack dan minuman". Kami hanya bisa mengingatkan teman tersebut "Maaf ya, ini khan lagi bulan puasa."

 Menjelang jam pulang kantor, sering kali diantara teman-teman kantor sering pergi keluar bersama. Nah, saat bulan Ramadan, ada saja teman yang tiba-tiba mengajak nonton film setelah usai jam kantor. Saya hanya mengingatkan "Nggak salah nih, apa kamu tidak ikut sholat tarawih nanti malam".

Cerita lucu tentang makan sahur, sering terjadi di rumah, yaitu teman yang sering ketiduran karena tidak ada yang membangunkan, atau tidak makan sahur karena tidurnya terlalu lelap sehingga alaram berbunyi berkali-kali juga tidak bangun. Khususnya bagi para jomblo, karena kalau yang sudah berkeluarga, tentu antara suami atau isteri bisa saling membangunkan untuk makan sahur.

Ini cerita lucu di kantorku, bagaimana cerita lucu di kantor Anda ?