Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"Tomb Raider", Tampilnya Lara yang Masih Hijau

8 Maret 2018   22:27 Diperbarui: 8 Maret 2018   22:32 703 3 1
"Tomb Raider", Tampilnya Lara yang Masih Hijau
Poster: comicbookmovie.com

Sudah dua kali pecinta film layar lebar dipuaskan oleh aksi laga Lara Croft yang dibintangi oleh si bibir seksi, Angelina Jolie dalam "Lara Croft : Tomb Raider" (2001) dan "Lara Croft : Tomb Raider, The Cradle of Life (2003). Kini 2018, Lara Croft "baru" yang dibintangi oleh Alicia Vikander akan membuat Anda tidak berkedip menyaksikan adegan demi adegan yang tidak kalah serunya dengan dua film Lara Croft sebelumnya.

Kali ini penonton film di Indonesia juga dimanjakan karena sudah dapat menyaksikan film mulai Rabu 7 Maret 2018, padahal secara global baru ditayangkan pada 16 Maret 2018.

Sinopsis Film

Lara Croft putri kesayangan miliader yang memiliki banyak perusahaan di London, Richard Croft (diperankan oleh Dominic West), berubah menjadi seorang petualang setelah ditinggal isteri tercintanya. Lara Croft akhirnya tumbuh menjadi seorang remaja yang tangguh, tidak mau tergantung pada keluarganya, dan bekerja sebagai pengantar barang dengan menggunakan sepeda. Disela sibuknya bekerja, Lara muda ini masih sempat berlatih bela diri gaya bebas, yang mempelajari tinju, taekwondo, muay thai, gulat, karate dan banyak seni bela diri lainnya.

Setelah tujuh tahun Richard Croft pergi dan tidak ada kabar beritanya, maka dinyatakan telah meninggal dunia, dan Lara sebagai anak tunggal dipanggil oleh tangan kanan Richard Croft, Anna Miller (yang diperankan oleh Kristin Scott Thomas) untuk menerima warisan ayahnya. Lara tetap gamang karena merasa ayahnya belum meninggal dunia, saat menjelang menandatangani akte notaris, notaris menyerahkan sebuah teka teki Jepang kuno, yang membuat Lara penasaran, dan langsung menyelidik ke ruang pribadi ayahnya. Dalam ruang pribadi ayahnya, Lara menemukan banyak catatan ayahnya, dan membuatnya ingin mencari ayahnya.

Dengan menjual salah satu benda antik milik ayahnya ke pedagang barang antik di London, Lara akhirnya terbang ke Hong Kong untuk mencari kapal bernama "Endurance" yang pernah membawa ayahnya ke Pulau Yamatai. Sebagai gadis muda yang belum memiliki pengalaman berpetualang, pertama kali menjejakkan kaki di Hong Kong sudah langsung dikerjai oleh para pencopet. 

Dalam kejar mengejar untuk mendapatkan kembali tasnya, Lara akhirnya secara tidak sengaja menemukan kapal Endurance. Kapal tersebut kini dinakhkodai oleh anak Lu Ren (diperankan oleh Daniel  Wu) setelah mendapat kabar ayahnya telah meninggal. Dengan segala upaya, Lara akhirnya berhasil membujuk Lu Ren untuk membawanya ke Pulau Yamatai.

Perjalanan menuju Pulau Yamatai berlangsung mulus, namun saat mencapai Laut Iblis ombak yang besar merusakkan kapal dan menyeret tubuh Lu Ren dan Lara ke daratan yang ternyata sudah dikuasai oleh pemburu makam kuno dengan pasukan bersenjata lengkap. Ketika sadar dari pingsannya, Lara mendapati agenda ayahnya sudah dicuri oleh Mathias Vogel (diperankan oleh Walton Goggins), pimpinan pemburu makam kuno yang ditugaskan oleh kelompok Trinity, yang telah bertahun-tahum belum berhasil menemukan makam Himiko, seorang ratu yang sangat kejam di masanya.

Dengan mengandalkan ilmu bela dirinya, kecerdasan, keberanian dan keyakinannya, Lara Croft akhirnya dapat menemukan makam kuno Himiko tentunya setelah melalui lika-liku yang penuh dengan perkelahian dan teknik menghindari jebakan-jebakan maut yang terdapat di sekitar makam kuno.

---

Banyak teka-teki yang akan terkuak pada akhir film ini, seperti apakah Lara Croft berhasil menemukan ayahnya, siapa yang mendalangi pemburuan makam kuno, dan bagaimana cara Lara Croft dapat selamat kembali ke London setelah terjebak di pulau Yamatai dan berhasil menemukan makam Himiko.

Film yang penuh dengan adegan laga ini sangat menyenangkan untuk ditonton, meski agar kurang masuk akal  karena Lara Croft yang masih hijau dalam petualangan dan hanya menggunakan keahlian memanahnya, mampu menyelamatkan diri dari kejaran pasukan bersenjata api lengkap. Kejanggalan lainnya adalah memaksakan Lara Croft berlayar ke Pulau Yamatai menggunakan kapal Endurance, padahal Richard Croft dan Lu Ren ternyata tidak kembali ke Hong Kong, bahkan anak buah kapal Endurance banyak yang menjadi tawanan Trinity. Meski ada beberapa hal yang kurang masuk akal, namun film ini tetap enak dinikmati.

Hampir dapat dipastikan film yang mengadopsi permainan komputer (computer game) besutan Crystal Dynamics ini pasti akan dibuat sekuelnya, karena diakhir film, Lara Croft sedang mencari pistol yang pantas untuknya, dan Lara sekaligus membeli dua pistol. Tunggu saja sekuel filmnya yang tentu akan makin seru karena Lara Croft sudah menggunakan senjata api.

Data Film

Judul                                    : Tomb Raider

Genre                                  : Action, Adventure 

Sutradara                          : Roar Uthaug

Pemeran                            : Alicia Vikander, Walton Goggins, Dominic West, Daniel Wu, Kristin Scott Thomas

Durasi                                 : 118 menit

Rating                                 : Remaja 13 tahun