Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Earth Hour 2017 Juga Dirayakan di Indonesia

30 Maret 2017   12:21 Diperbarui: 30 Maret 2017   12:30 485 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Earth Hour 2017 Juga Dirayakan di Indonesia
Earth Hour 2017 (Dok Pri)

Earth Hour merupakan salah satu kampanye World Wildlife Fund (WWF), sebuah organisasi konservasi terbesar di dunia yang mengupayakan inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak terpakai selama 1 (satu) jam pada setiap hari Sabtu. Kegiatan Earth Hour ini merupakan suatu bentuk kesadaran dan konsistensi akan kecintaan manusia kepada bumi yang merupakan  tempat  tinggalnya.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah yaitu hemat energi karena ketergantungan manusia terhadap listrik terus meningkat dari waktu ke waktu, sedangkan sebagian besar dari pembangkit listrik itu berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang menghasilkan efek gas rumah kaca yang memicu pemanasan global.

Earth Hour sendiri telah digagas pertama kali pada tahun 2007 sebagai cara untuk melibatkan masyarakat luas dalam isu-isu lingkungan dan menantang komitmen warga di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Earth Hour dimulai tahun 2009 dengan melibatkan seluruh masyarakat Jakarta dan beberapa daerah pelosok lainnya untuk turut berpartisipasi dalam upaya menyelamatkan energi bumi.

Gerakan Earth Hour telah mengajak warga dunia melakukan aksi melawan perubahan iklim. Tahun ini perayaan Earth Hour dilangsungkan pada hari Sabtu 25 Maret 2017.  Diketahui aksi perayaan Earth Hour 2017 banyak diprakarsai oleh kalangan hotel, salah satunya Aston Marina Jakarta berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour 2017. Tepat pukul 20.30 sampai dengan 21.30 WIB, seluruh lampu di sekitar hotel  dipadamkan selama 1 jam.

Aston Marina Ancol

Selain melibatkan karyawan hotel yang mengenakan t-shirt bergambar angka 60+ dan tamu hotel yang berminat, Aston Marina Ancol juga mengundang blogger dan pelajar SD Juara Jakarta Utara yang berdomisili  di Tanjung Priok. Serangkain acara diadakan menjelang waktu pemadaman lampu seperti InstaGram Competition  yang diikuti para blogger dan paduan suara oleh pelajar SD Juara yang mendendangkan lagu-lagu daerah dengan diiringi alat musik yang berasal dari bahan bekas (kaleng cat, tempat air dan sebagainya).

Menjelang pemadaman lampu, para tamu menikmati hidangan makan malam di resto Cumi-Cumi, lalu bersama-sama mengelilingi lilin-lilin yang dibentuk angka 60 di café Cium-Cium sebagai tanda diawali prosesi pemadaman lampu. Saat lampu di sebagian besar hotel dipadamkan, dimulailah penyalaan lilin, yang berfungsi sebagai sarana penerangan selama waktu pemadaman lampu..

“Kami  mendukung penuh kegiatan Earth Hour yang diadakan WWF, dimana nanti semua tamu dan karyawan akan dilibatkan untuk turut serta berpartisipasi melalui pemadaman lampu selama 1 jam pada 25 Maret 2017 mendatang,”menurut Dini M. Artha, General Manager hotel ini dalam press release yang diedarkan ke media.  Lanjutnya,“Dengan turut berpartisipasinya Aston Marina Jakarta terhadap kegiatan Earth Hour ini, semoga dapat menginspirasikan para tamu dan khalayak, untuk dapat melestarikan energi bumi demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa yang akan datang”.

Mari kita kawal bumi kita yang sudah renta ini, demi kehidupan anak-cucu kita kelak. Selamat Hari Bumi 2017 !

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x