Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

AADC2 Menularkan Peluang Bisnis Baru

17 Mei 2016   09:01 Diperbarui: 17 Mei 2016   17:53 544 5 4 Mohon Tunggu...
AADC2 Menularkan Peluang Bisnis Baru
Poster Film AADC2 (Sumber: Mira Lesmana Production)

Sukses besar film nasional "Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 yang berhasil menyedot jumlah penonton puluhan ribu pada hari tayang perdana 28 April 2016 yang lalu, dan meraih 1 juta penonton pada minggu pertama masa tayang di bioskop. Dan diikuti penuh sesaknya bioskop di seluruh Indonesia pada hari-hari berikutnya hingga pertangahan Mei 2016 membuat kebanggaan tersendiri bagi perfilman nasional.

Padahal pada hari yang sama juga sedang diputar film Marvel "Civil War" (Captain America). Meski Civil War lebih banyak menguasai theater, namun kemampuan AADC2 mengimbangi jumlah penonton dan lamanya bertahan di layar gedung bioskop sungguh fenomenal. Meski ironisnya, menggulung kehadiran film "Surat Cinta Untuk Kartini" yang harus mengakhiri masa putarnya bertepatan dengan mulai diputarnya Civil War dan AADC2.

Kejelian Mira Lesmana dan Riri Riza dalam memilih lokasi syuting yang eksotik di kawasan Yogyakarta dan Magelang, rupanya mengilhami pebisnis travel dengan mengangkat lokasi syuting AADC2 sebagai tujuan perjalanan, khususnya lokasi yang dikunjungi Cinta dan gang-nya serta pertemuan Rangga dan Cinta dari pagi, malam hingga subuh keesokan harinya. Sisanya syuting dilakukan di Jakarta dan New York.

Selain mengunjungi lokasi syuting juga sekaligus menikmati kuliner yang dikunjungi Rangga, Cinta dan gang-nya. Yang pertama, Viavia cafe & bakery dengan rancangan art deco yang telah memiliki jaringan di tiga benua. Berikutnya, Rumah Doa Bukit Rhema dengan disain menyerupai burung atau ayam di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, tempat pertemuan Rangga dan Cinta setelah berpisah selama 14 tahun. Udara yang segar dan pemandangan  hijau  menimbulkan romantis tempat ini.

Punthuk Setumbu, sebuah bukit terkenal dengan pemandangan yang spektakular, sorganya Jawa Tengah. Letaknya  di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Lokasinya sangat dekat dari Candi Borobudur dan menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang megahnya Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu (Sumber: www.goborobudur.com)
Punthuk Setumbu (Sumber: www.goborobudur.com)
Sementara pemandangan matahari terbenam terbaik dapat disaksikan di Candi Ratu Boko (Ratu Boko Temple). Candi ini terletak di Jalan Solo Km 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Bekas istana yang luasnya 250 ribu meter persegi ini menyimpan berbagai situs sejarah, seperti gapura utama, candi pembakaran, lapangan, pendopo hingga goa.

Candi Ratu Boko (Sumber: www.melancongjogja.com)
Candi Ratu Boko (Sumber: www.melancongjogja.com)
Bagi yang sudah menyaksikan film AADC2 pasti ingat seorang barista yang sangat cerewet bercerita tentang kopi, dia adalah Pepeng pemilik Klinik Kopi. Dengan konsep yang unik kedai kopi yang hanya menyajikan kopi asli ini, berada di Jalan Kaliurang Km 7,5 ini mampu membuat perbincangan Rangga dan Cinta semakin akrab.

Masih ingat tempat Rangga dan Cinta makan malam? Tidak salah lagi, Sate Klatak Pak Bari,  salah satu lokasi wisata kuliner terkenal dan terbaik yang ada di Yogyakarta dan terletak di Jalan Kedaton, Pleret, Bantul. Sate Klatak memiliki keunikan membakar sate dengan ruji sepeda sebagai penyalur panas yang baik.

Lokasi lain

"Rangga, apa yang kamu lakukan ke saya itu, jahat!,” salah satu dialog yang paling diingat penonton yang dikatakan Cinta ke Rangga di Sellie Coffee yang terletak di Jalan Geriliya No 882, Prawirotaman II, Yogyakarta.

Hotel tempat berlangsungnya Pameran karya seni Eko Nugroho dalam film AADC2 adalah di hotel Greenhost yang memiliki konsep ramah lingkungan dan berlokasi di Jalan Prawirotaman II Yogyakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN