Mohon tunggu...
susilo ahmadi
susilo ahmadi Mohon Tunggu... Wiraswasta - sekedar menyalur hobi menulis

cuma orang biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kenangan Manis Bersama Jembatan Perak Lama dan Baru

5 Desember 2021   21:11 Diperbarui: 8 Desember 2021   14:06 604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jembatan Perak Lama (2011)

Tak disangka akhirnya kembali gunung Semeru memuntahkan abu dan lahar kemarin. Gunung semeru adalah salah satu gunung yang tidak begitu jauh jaraknya dari tempat tinggal saya. 

Dengan kendaraan bermotor hanya butuh sekitar 2-3 jam saja sudah tiba di kecamatan Pronojiwo, Lumajang yang berada di lereng gunung Semeru. 

Dari depan rumah jika cuaca cerah saya bisa melihat hampir semua gunung-gunung besar di Jatim seperti Raung, Argopuro, Bromo, hingga Semeru namun bagi saya Semeru-lah yang paling banyak memiliki kenangan. Penyebabnya karena sejak kecil saya sering melewati lereng bagian selatannya dengan bus  umum mengunjungi rumah salah satu sepupu di Malang atau kerabat di Blitar. 

Dari rumah saya naik bus jurusan Surabaya lalu turun di terminal lama Lumajang. Nah dari situ perjalanan dilanjutkan dengan bus umum berukuran kecil lewat lereng selatan Semeru menuju Malang hingga ke terminal Gadang. Bus-bus besar tidak bisa melewati jalan di lereng itu karena sempit jalannya. 

Saking sempitnya sepupu saya pernah bercerita bus yang ditumpangi terpaksa harus mencopot spion agar truk yang dari arah berlawanan bisa lewat. 

Bus besar harus melewati Probolinggo-Pasuruhan yang otomatis akan menempuh jarak yang lebih jauh.  Sekali saya pernah lewat jalur Probolinggo-Pasuruhan ini dan waktu yang dihabiskan memang jadi jauh lebih banyak plus macet parah lagi!

Melewati lereng selatan Semeru ini memang harus ekstra sabar karena banyak truk-truk bermuatan pasir yang berjalan lambat  (tetapi tidak sampai macet) plus jalan berkelok-kelok. 

Kewaspadaan kita benar-benar harus berada pada titik tertinggi. Akan tetapi pemandangannya sangat indah dan hawanya sejuk. Kalau kabut turun maka suasana jalan akan tampak temaram. Jalan di sini juga relatif sepi walaupun siang hari. 

Tentang keamanannya saya tidak tahu pasti hanya sebaiknya carilah teman sesama pengendara jika akan melewati jalur ini. Berkali-kali melewati jalur ini siang dan sore hari syukurlah masih aman-aman saja. Pernah sekali lewat pada malam hari sekitar pukul 21 mengendarai minibus (Elf) dari arah Malang pada tahun 2014 dulu. Kebetulan waktu itu cuaca cerah dan saya menyaksikan sendiri pemandangan sangat menakjubkan kelap kelip lampu rumah-rumah penduduk jauh di bawah sana.  

Pertama kali saya melewati jalan ini ketika diajak orang tua berkunjung ke Blitar dengan bus umum saat saya masih SD. Waktu itu belum ada jembatan Perak Baru. 

Yang ada masih jembatan Perak Lama yang sempit itu sehingga tidak bisa dua bus lewat berbarengan sekaligus dari arah berlawanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun