Mohon tunggu...
Susi KumalaNur
Susi KumalaNur Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN JEMBER

Majulah tanpa menjatuhkan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru sebagai Aktor atau Model

21 Maret 2020   17:18 Diperbarui: 10 April 2020   21:51 69 11 15 Mohon Tunggu...

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat nya kepada kita semua, yang sampai saat ini kita masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri kita. Sebelum membahas tentang Guru sebagai Aktor atau Model kita perlu mengetahui, bahwasannya sebaik baik suri teladan adalah Rasulullah SAW.

Dalam sebuah sistem pembelajaran, guru menjadi pemain utama dalam setiap proses pembelajaran. Sebagai seorang guru maka tak lepas dari tanggung jawab yang besar dalam membimbing muridnya, seringkali secara tidak sadar guru tersebut melakukan kesalahan yang pada akhirnya murid tersebut meniru atau mencontohnya.

Guru sebagai aktor disini sangat berperan dalam proses pembelajaran, dikarenakan seorang murid memang tidak pandai dalam hal mendengarkan gurunya, melainkan mereka sangat mudah dalam hal menirukan apa yang mereka lihat. Oleh sebab itu guru haruslah sangat berhati-hati dalam bercakap serta bertingkah laku saat mengajar dikelas.

Sikap atau perilaku seorang murid terhadap gurunya, yaitu sebagaimana guru bersikap terhadap muridnya. Karena murid adalah persepsi dari seorang guru.

Sebagai seorang guru, sudah seharusnya kita memberikan nasihat atau arahan terkait dengan akhlak dan teladan yang baik. Namun hal tersebut juga harus di imbangi dengan tindakan yang kita lakukan. Jika guru tersebut menasehati untuk beraklak yang baik tapi guru itu sendiri tidak menerapkannya, maka murid nya meniru apa yang dilakukan oleh gurunya tersebut.

Jadi kita sebagai guru harus lah konsisten antara nasihat dengan tindakan yang kita lakukan.

Semoga bermanfaat

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x