Mohon tunggu...
Susanti Hara
Susanti Hara Mohon Tunggu... Seorang pendidik yang suka berkreasi

Pembelajar aktif yang senang untuk terus berpartisipasi dan berkreasi untuk memberikan warna pada kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Serunya Proses Syuting bersama Anak-anak Luar Biasa

13 Desember 2019   06:23 Diperbarui: 13 Desember 2019   06:28 42 4 2 Mohon Tunggu...
Serunya Proses Syuting bersama Anak-anak Luar Biasa
dokpri

"Bu, tadi ke mana? Ibu enggak ada. Tadi ada Kak Vinly sama temennya yang dari Jakarta. Terus aku tadi dapat nasi hokben sama tempat minum yang tahan panas bu, terus ada Ka Timo sama temannya ..."

Ungkapan tersebut bukanlah salah satu bahan naskah untuk syuting. Namun sebuah pesan yang penulis terima pada hari Rabu, 11/12-2019 melalui WhatsApp. Pengirim pesannya merupakan alumni salah satu Sekolah Luar Biasa yang pernah mengikuti kegiatan pelatihan soft skill siap kerja di sekolah tempat penulis mengajar, SLB-B Sukapura.

Pada hari tersebut, penulis memiliki tugas untuk mengurus data UN di luar sekolah. Sehingga tentu saja kami tidak bisa bertatap muka seperti hari Rabu biasanya dia datang ke sekolah.

Pelatihan Soft Skill Siap Kerja/dokpri
Pelatihan Soft Skill Siap Kerja/dokpri
Sebuah pesan sederhana yang memiliki banyak cerita penyertanya. Salah satunya adalah kegiatan syuting yang berlangsung sejak Selasa, 10/12-2019 di sekolah untuk mengabadikan kegiatan para siswa berprestasi.

Persiapan pengambilan video di salah satu ruangan - Dok. Susanti Hara
Persiapan pengambilan video di salah satu ruangan - Dok. Susanti Hara
Pengirim pesan yang sebenarnya datang seminggu sekali, setiap Rabu pukul 11.00 WIB untuk mengikuti kegiatan belajar coding, tidak mengetahui kalau yang dia sebut "temannya yang dari Jakarta", merupakan tim kerja dari organisasi non-pemerintah internasional yang sangat mendukung kemajuan anak-anak, salah satunya anak luar biasa atau anak berkebutuhan khusus, atau juga mereka yang sering dikatakan difabel.

Pose bersama tim kreatif dengan salah satu siswa tunagrahita berprestasi/dokpri
Pose bersama tim kreatif dengan salah satu siswa tunagrahita berprestasi/dokpri
Kedatangan tim kerja kreatif dari Jakarta ke tempat tugas penulis merupakan salah satu kegiatan untuk mendokumentasikan prestasi beberapa siswa serta kegiatan mereka sehari-hari. Pada hari pertama, dari mulai pagi hingga sore, ada beberapa kegiatan syuting yang sempat penulis lihat, misalnya saja mendokumentasikan kegiatan di sekolah, mendokumentasikan prestasi siswa yang pernah berhasil meraih kejuaraan hingga luar negeri, serta wawancara dengan berbagai pihak di sekolah.

Pengondisian arena pengambilan gambar - Dok. Susanti Hara
Pengondisian arena pengambilan gambar - Dok. Susanti Hara
Baiklah, hari pertama berjalan dengan antusiasme seluruh peserta didik di sekolah. Lantas, bagaimana dengan hari kedua?

Pada hari kedua, pada jam pertama, begitu penulis sampai ke sekolah, tim kerja dari Jakarta yang mengambil dokumentasi ini tampak sedang sibuk di lapangan olah raga. Mereka menyiapkan segala sesuatu untuk kepentingan pengambilan gambar atau video. Penulis pun hanya memantau sesekali di sela mengerjakan tugas lainnya.

Taraaa, dan sangat diluardugaaan, ketika salah satu dari tim kreatif meminta saya menjadi bagian dalam kegiatan. Baiklah, untuk mengefektifkan waktu saya mengikuti arahan mereka.

Namun, ada hal lain tanpa pernah saya duga. Ada satu momen, mereka meminta untuk mengumpulkan semua anak dalam satu lingkaran. Ewowowow, mendadak rasanya kaku otak. Duh, kebayang kalau mengumpulkan semua peserta didik dari mulai kelas TKLB-SDLB-SMPLB-SMALB. Sekitar 40 peserta didik. 

Tempat kita bertumpu tidak akan muat. Maklumlah, tempat berkumpul tersebut paling hanya bisa untuk 10-20 anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN