Mohon tunggu...
Susan Anggraini
Susan Anggraini Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang hamba Allah, guru, ibu, anak, dan istri yang gemar membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hari Guru Istimewa

26 November 2022   22:22 Diperbarui: 26 November 2022   22:42 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat, 25 November 2022 diperingati seantero nusantara sebagai hari guru nasional. Banyak rasa syukur dan doa saya panjatkan kepada Allah yang kuasa atas segala rahmat dan kasih sayang yang telah dilimpahkan Nya. Sehubungan dengan ini 5 hari yang lalu adalah hari kelahiran saya untuk usia yang tak lagi muda. 

Upacara dilaksanakan sedikit berbeda dari biasanya, karena yang menjadi petugas upacara dalam peringatan hari guru ini adalah bapak dan ibu guru. Sebagai momen peringatan hari guru dan bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh siswa bahwa guru sebagai sosok insan yang dapat digugu dan ditiru.

Suasana upacara hari guru berlangsung khidmat. Pada kesempatan ini, saya beserta guru yang lain menjadi petugas paduan suara. Dengan semangat dan suara lantang bersatu kami menyanyikan lagu "Indonesia Raya" mengiringi penaikan bendera merah putih. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Mengheningkan Cipta" kemudian lagu wajib "Hymne Guru dan "Terima Kasih Guruku" mengikuti susunan acara yang dibacakan pembawa acara.

Dokpri
Dokpri

Saat menyanyikan lagu wajib "Hymne Guru" beragam rasa yang saya rasakan. Ada rasa haru dalam hati mengingat jasa Bapak Ibu guru yang telah mendidik dan berbagi ilmu pada saya saat masa sekolah dahulu. Selain itu ada rasa bahagia karena saya telah menjadi insan pendidik yang telah berupaya sekuat tenaga untuk berbagi ilmu kepada anak didik. 

Upacara berjalan dengan lancar dan penuh rasa penghormatan dan penghargaan kepada para guru yang ada di seluruh pelosok negeri. Pembina upacara adalah kepala sekolah yaitu Bapak Muhammad Rafajar yang membacakan amanat dari Bapak Nadiem Makarim sebagai menteri pendidikan. 

Setelah selesai upacara, acara dilanjutkan oleh pengurus OSIS yang memberikan pengumuman tentang kategori guru terfavorit melalui voting dari seluruh siswa. Guru terfavorit dari setiap jurusan serta guru umum normatif dan adaptif.

Dengan seksama semua peserta upacara mendengarkan pengumuman tersebut. Setelah semua guru favorit per jurusan dibacakan, yang terakhir adalah guru terfavorit dari guru umum. Tanpa disangka nama saya disebutkan sebagai guru terfavorit diantara guru hebat yang lainnya. 

Bertambah rasa bahagia yang saya rasakan karena menjadi guru terfavorit pilihan siswa.  Dengan rasa haru dan ucapan terima kasih atas kasih sayang semua siswa yang telah memilih saya menjadi guru terfavorit bagi mereka. Begitu semangat saya maju ke tengah lapangan upacara untuk menyapa semua siswa. 

Seluruh siswa dan sahabat sesama guru menyambut saya dengan penuh kegembiraan. Sungguh saya merasa terharu dengan peringatan hari guru istimewa ini.  Saya merasakan begitu besar rasa cinta siswa, karena telah memilih saya yang menjadi guru favoritnya. Mendapatkan selempang dan hadiah sebagai guru terfavorit adalah penghargaan. Tetapi hal terpenting bagi saya adalah mendapat perhatian dan cinta siswa yang besar itu yang utama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun