Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Apa sih Itu Speaker?

24 Februari 2016   08:27 Diperbarui: 24 Februari 2016   09:16 1226 1 1 Mohon Tunggu...

Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkan berasal dari hasil pemrosesan dari sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara).

Speaker ada dua jenis, yaitu speaker aktiv dan speaker passive. Speaker aktiv adalah speaker yang memiliki PA (Power Amplifier) didalam satu box atau enclosure dengan speakernya sehingga tidak membutuhkan PA tambahan. Sedangkan speaker passive adalah speaker yang belum memiliki PA sehingga butuh PA untuk membuat speaker itu berfungsi.

Sebuah loudspeaker (passive) terdiri dari magnet, membran, voice coil, basket, surround dan cone. Speaker juga memiliki banyak jenis yang dibedakan atas bentuk, ukuran, rentang frekuensi yang dapat dihasilkan, Diantaranya yaitu :
1. Woofer

Speaker ini memiliki fungsi untuk menghasilkan suara yang memiliki frekuensi rendah atau yang lebih dikenal dengan bass namun tidak terlalu dominan bass. Speaker ini biasanya memiliki frekuensi antara 60hz sampai diatas 250hz. Ukuran dari woofer yang umum biasanya berukuran 4inch, 6inch, 8inch namun masih banyak ukuran lainnya tergantung kebutuhan.

2. Subwoofer
Speaker subwoofer adalah speaker yang didesain khusus untuk menghasilkan frekuensi yang sangat rendah (bass) antara 20-200hz. Ukuran dari speaker ini pun memiliki standar tertentu agar dapat menghasilkan frekuensi dibawah 80hz (THX). THX dapat diartikan sebagai sertifikasi pada sound system . Ukuran yang biasa ditemui diantaranya 10inch, 12inch, 15inch.

3. Midbass
Speaker ini seringkali disebut midwoofer. Suara yang dihasilkan memiliki rentang frekuensi antara
80-350hz. Suara yang dihasilkan rendah namun tidak terlalu rendah karena ukurannya yang juga tidak terlalu besar sekitar 5-7inch.

4. Midrange
Speaker ini menghasilkan frekuensi yang tinggi khususnya di frekuensi rentang vokal antara 350-4500hz. Speaker ini digunakan agar suara vokal yang dihasilkan dapat fokus dan jelas. Ukuran dari speaker ini umumnya hanya 3-4inch tergantung kebutuhan.

5. Tweeter
Tweeter memiliki rentang frekuensi suara yang sangat tinggi lebih dari midrange antara 3500hz-20khz. Ciri fisik yang paling dapat terlihat adalah karena bentuknya yang kecil dengan ukuran 0,5-4inch

6. Fullrange
Speaker ini dapat menghasilkan semua rentang frekuensi sesuai dengan namanya (fullrange).

Lalu lantas bagaimana untuk membuat speaker yang berkualitas ? Tentunya banyak hal yang harus diperhitungkan mulai dari box atau enclosure, crossover, bahan dari loudspeaker, penempatan speaker dan yang terpenting tentunya adalah PA atau Power Amplifier karena jika tidak ada PA tentu speaker tidak memiliki energi untuk menghasilkan suara. PA pun memiliki berbagai jenis yang dapat menghasilkan suara yang berbeda pula karakternya.
Hal diatas akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya. Semoga artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang speaker.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x