Surya Christian
Surya Christian Jurnalis

Very patient person with a challenging personality | your Humble journalist https://serpongku.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Temukan Banyak Manfaat Mengunyah Permen Karet

9 Agustus 2018   17:32 Diperbarui: 9 Agustus 2018   17:32 246 1 0

Kawan Kompasiana,

Siapa disini yang suka dengan permen karet ? Sensasi unik dan menyenangkan saat mengunyah permen karet memang disukai banyak orang,  walau terkadang kegiatan ini sering dianggap sebagai kebiasaan buruk dan kurang sopan.

Namum ternyata terdapat beberapa manfaat saat mengunyah permen karet loh. Apa aja sih ? Yuk dilihat.

Berikut Manfaat Mengunyah Permen Karet

Daya Ingat

Ternyata saat kita mengkonsumsi permen karet bebas gula itu dapat meningkatkan daya ingat baik jangka pendek maupun jangka panjang loh, aktivitas otak pada bagian otak hipokampus akan meningkat saat kalian mengunyah permen karet yang dimana bagian otak tersebut mempunyai tugas menjalankan fungsi daya ingat.

Fungsi Otak

Ternyata ada beberapa bagian otak lain yang ikut aktif saat kita mengunyah permen karet. Bagian tersebut adalah otak kecil (serebelum), motor korteks, batang otak, kaudata, cingulate, dan lainnya yang dimana membuat kinerja otak kita menjadi lebih "encer".

Selain itu, saat mengunyah permen karet kadar gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak. Yang dimana mampu mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil.

Menurunkan Perasaan Stress

Kegiatan ini juga mampu untuk meredakan perasaan tertekan dan stres dan membuat sedikit lebih rileks. Mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu metode relaksasi. 

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan, mood seseorang saat mengkonsumsi permen karet dapat dapat menjadi lebih baik dibanding orang yang tidak mengkonsumsi permen karet.

Mengusir Kantuk

Lagi ngantuk banget ? Cepatlah mengkonsumsi permen karet, mengunyah permen karet dipercaya dapat membuat kalian lebih segar, terutama mengkonsumsi jenis permen karet yang mengandung kafein.

Melindungi Gigi

Kegiatan ini dipercaya bisa mengurangi karang gigi, melindungi enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan menurunkan radang gusi. Hal ini direkomendasikan juga oleh American Dental Association.

Dengan catatan, yang dikomsumsi adalah permen tanpa rasa. Karena jika permen karet yang mengandung gula justru akan menambah jumlah asam pada mulut yang menyebabkan pengeroposan pada gigi.

Wah ternyata cukup banyak yang manfaat yang didapatkan saat kita mengunyah permen karet. Semoga Bermanfaat ya, kawan Kompasiana.

Sumber