Mohon tunggu...
surya hadi
surya hadi Mohon Tunggu... hula

Pengkhayal gila, suka fiksi dan bola, punya mimpi jadi wartawan olahraga. Pecinta Valencia, Dewi Lestari dan Avril Lavigne (semuanya bertepuk sebelah tangan) :D

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sinar Mas dan Komitmen #UntukmuIndonesiaku

21 Agustus 2018   16:26 Diperbarui: 21 Agustus 2018   18:38 276 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sinar Mas dan Komitmen #UntukmuIndonesiaku
http://palembang.tribunnews.com/

Pengalaman adalah guru yang paling berharga

Pepatah lama ini memang tidak pernah habis di makan rayap dan di gerus zaman. Setidaknya dari pengalaman buruk di tahun 2014 dan 2015, Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam mencegah kebakaran lahan yang kala itu pastinya sangat merugikan perusahaan, baik dari aspek bisnis dan juga brand image perusahaan karena berdampak langsung pada kerusakan lingkungan dan alam.

Berangkat dari hal tersebut, mereka pun terus belajar dan menerapkan standar KPI (Key Performance Index) yang cukup tinggi dalam mencegah dan mengatasi kebakaran lahan dan hutan di area konsesi mereka yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sumatra Selatan, Riau, hingga Kalimantan.

Dengan program bernama "Zero Fire Zero Haze", APP Sinar Mas pun menaikkan standar waktu dalam mendeteksi dan memandamkan titik api. Mulai dari deteksi dini, kecepatan petugas lapangan ke titik api yang dibatasi paling lama 2 jam, hingga kemampuan petugas dalam mengendalikan api agar tidak menyebar yang dibatasi maksimal 8 jam. Hal tersebut tentunya juga di dukung dengan pemetaan yang tepat berdasarkan pengalaman dan pengamatan para petugas di lapangan.

Dalam sebuah forum di Sinar Mas Land Plaza Tower 2 lantai 12 yang diadakan oleh APP Sinar Mas, Bapak Gustaf Rantung selaku Head Of Teknologi and Data Management di Fire Management APP Sinar Mas menunjukkan dengan gamblang beberapa daerah yang dipetakan oleh tim APP Sinar Mas menurut warna, dengan berbagai kondisi yang coba dipetakan oleh tim APP Sinar Mas. Di mana daerah yang berwarna merah menjadi daerah yang paling sulit untuk padamkan, baik itu karena akses yang sulit, jenis lahan, atau pun karena minimnya sumber air di daerah tersebut.

Asian Games 2018 dan Kontribusi Nyata APP Sinar Mas.

 Menjelang Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus 2018 ini, APP Sinar Mas pun bisa dibilang telah siap dalam mendukung Pemerintah dalam menghadapi Event besar yang tentunya membawa nama baik bangsa dan negara.

Lahan konsensi milik APP Sinar Mas yang berada di Sumatra Selatan yang notabene dekat dengan lokasi penyelenggaraan Asian Games nanti terus di pantau hingga 7X24 jam.

Standar KPI pun di tingkatkan 2 kali lipat untuk mendukung target pemerintah dan juga APP Sinar Mas bahwa area sekitar Jakabaring harus bebas asap dan api.

Waktu kedatangan ke titik api yang tadinya maksimal 2 jam, dinaikkan menjadi maksimal 1 jam dengan waktu pengendalian api maksimal 4 jam dimana tadinya 8 jam.

Selain itu, kerjasama APP Sinar Mas dengan instansi terkait seperti TNI, POLRI, hingga BPBD pun terus ditingkatkan disamping dukungan peralatan dan rencana kerja yang terorganisir dengan target kerja yang jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN