Mohon tunggu...
Surya Adi
Surya Adi Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti

Melakukan Penelitian di bidang Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Tata Kelola Manajemen Olahraga

6 September 2022   14:22 Diperbarui: 6 September 2022   14:27 262 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: 

  • Dr. Jonni Mardizal, M.M (Task Executor Secretary Of The Indonesian Ministry of  Youth and Sport)
  • Dr. Surya Adi Saputra, S.Pd.,M.Pd.AIFO (Lecturer of Universitas Negeri Malang)

INTRODUCTION

Indonesia telah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tertuang dalam Perpres No. 86 Tahun 2021. Ini merupakan panduan arah pembangunan keolahragaan jangka panjang dan penyiapan atlet mulai dari usia dini. 

Kemdian dibimbing dan dikawal hingga menjadi atlet dengan skala atlet professional. Saat ini banyak sekali event-event olahraga yang diselenggarakan lebih banyak dari tahun sebelumnya dengan tujuan meningkatkan minat dan bakat masyarakat Indonesia dan mencari bibit -- bibit atlet potensial sejak usia dini.

Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Indonesia tahun ini mengarah kepada "Sport Science, Sport Tourism and Sport Industry". Dengan tujuan untuk menggerakkan kembali industri olahraga di Indonesia sehingga bisa membantu perekonomian nasional.

Sementara dalam dunia Industri olahraga, bahwa Industri Olahraga di Indonesia masih banyak kendala. Hal ini diyakini karena kurangnya fasilitas dan program yang baik. 

Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia khususnya Bidang Pengembangan Industri Olahraga, mengatakan bahwa Indonesia sudah harus melakukan industrialisasi olahraga sebagai salah satu cara menanggulangi masalah tersebut. Sekaligus, ketertarikan negara-negara barat dan Amerika Serikat untuk berinvestasi dalam bidang olahraga di Asia merupakan moment tepat untuk mengembangkan industrialisasi olahraga.

Mengapa? 

karena melalui industrialisasi olahraga maka, fasilitas-fasilitas dan event-event olahraga akan meningkat.

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga telah mencanangkan suatu gagasan untuk mengembangkan industri olahraga sebagai industri kreatif yang berdaya saing tinggi dalam percaturan globalisasi. 

Langkah-langkah koordinasi dengan berbagai stakeholder telah ditempuh, kini Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga mencoba melangkah lebih jauh dalam rangka mengembangkan industri olahraga di Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan