Mohon tunggu...
Imam Suryanto
Imam Suryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Just for sharing!

Government Public Relations. Founder/CEO Bright Up Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Artikel Utama

Orkestrasi Komunikasi Publik G-20, Pentingkah?

5 April 2022   15:14 Diperbarui: 5 April 2022   18:52 667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber: g20.org)

Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam gelaran tingkat jagat yaitu G-20. Nah, ada yang sudah tahu apa itu G-20?

G-20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) yang memiliki kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang, hingga negara maju.

Mengingat kegiatan ini memiliki level internasional, maka seluruh mata dunia akan tertuju pada Indonesia. Indonesia akan menjadi sorotan dunia dalam mengawal kegiatan akbar ini.

Helatan akbar ini membutuhkan aspek persiapan yang matang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Seluruh tahapan itu harus tertuang dalam grand design komunikasi strategis yang di dalamnya juga memuat strategi komunikasi. 

Lalu, apa itu strategi komunikasi?

Strategi komunikasi merupakan cara-cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, biasanya berupa taktik yang berisi tools apa saja yang digunakan untuk mencapai tujuan yang sudah tersusun dalam desain komunikasi strategis.

Strategi komunikasi membutuhkan orkestrasi yang tepat agar pesan yang dipublikasikan ke masyarakat dapat tersampaikan dengan baik.

Orkestrasi Komunikasi Publik

Orkestrasi komunikasi publik dan publikasi merupakan salah satu faktor penting dalam menggaungkan semangat G-20.

Ini menjadi tugas khususnya para punggawa praktisi humas untuk membantu mengglorifikasikan informasi G-20 kepada publik, karena publik juga memiliki peranan penting untuk mendukung kelancaran G-20. 

Seluruh lapisan masyarakat harus dilibatkan, karena ini merupakan hajat besar bersama Indonesia. Untuk itu, strategi komunikasi publik harus disusun dengan sistematik dan didiseminasikan secara masif, baik ke dalam maupun luar negeri.

Para humas tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menyampaikan informasi terkait G-20 ke seluruh lapisan masyarakat yang memiliki berbagai latar belakang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun