Vitus Polikarpus
Vitus Polikarpus Pembuat Video Tutorial di Peluang Bisnis Afiliasi

saya Vitus Polikarpus Surung Manullang Trainer Internet } Tutor Computer | Social eCommerce Consultant Blog yang saya kelola: http://vituspolikarpus.com http://vituspolikarpus.com/wp http://vituspolikarpus.com/Afiliasi http://rwpjatijajar.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Aplikasi Perekam Layar Android dan Edit Video di Smart Phone

9 Januari 2018   22:17 Diperbarui: 9 Januari 2018   22:38 275 0 0

Sekian lama telah membuat video tutorial di laptop dengan bantuan software Camtasia Studio. Kini setelah mengikuti berbagai diskusi di facebook grup para youtuber pemula, saya menyadari bahwa, begitu banyak orang yang menggunakan smart phone untuk membuat dan mengedit video. Pertanyaan demi pertanyaan tentang penggunaan smart phone, bagaimana mengedit video di HP, aplikasi apa yang bagus digunakan di HP ? Ternyata telah mampu menggungah perhatian saya untuk mulai melirik tutorial dengan menggunakan smart phone ini.

Saya awali dengan menggunakan sebuah HP versi android 6 didukung oleh RAM 3 GB. Kemudian saya menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder sebagai perekam layar. Aplikasi ini bebas watermark. Bisa disetting posisi rekaman apakah dalam keadaan portrait atau landscape. Disediakan pilihan  untuk menyimpan video rekaman di SD Card.  Sejauh yang saya gunakan, cukup mudah dan ringan digunakan.

Setelah memiliki aplikasi screen record, selanjutnya saya menggunakan aplikasi edit video KineMaster. Aplikasi ini ada yang tersedia free di play store. Namun aplikasi free biasanya menggunakan watermark atau logo aplikasi di video hasil editannya. Maka saya menggunakan KineMaster Lite.

Setelah menggunakan aplikasi ini dalam pembuatan video, dan setelah mencoba mengajarkan penggunannya kepada beberapa orang, maka  saya merasa bahwa aplikasi cukup mudah dan ringan ketika digunakan.

Ada menu menambahkan media dan layer dan juga audio.  Audio bisa rekam suara sendiri, bisa juga menggunakan audio yang disediakan oleh aplikasi. Media gambar atau video bisa menggunakan media yang disediakan aplikasi, atau bisa capture langsung dengan aplikasi.

Layer dalam bentuk tulisan bisa ditambahkan sesuai font yang disediakan oleh aplikasi, atau menuliskannya secara langsung dengan tulisan tangan di layar HP dengan menggunakan jari tangan kita sendiri. Efek  animasi untuk tulisan tersedia dalam berbagai pilihan. Demikian juga dengan efek transisi untuki setiap media tersedia dalam berbagai pilihan.

Setelah selesai proses edit video, maka video bisa langsung dishare ke sosial media, atau disimpan ke galery smart phone. Coba lihat tutorial lengkapny di video berikut. Semoga bermanfaat