Mohon tunggu...
Surrotul Hasanah
Surrotul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo terimakasih telah berkunjung di akun kompasiana saya

Selanjutnya

Tutup

Travel

Aplikasi Tour Guide AI (TOURAJA) Mendukung Gagasan Solo Travel dan Touchless Tourism

13 Agustus 2021   00:49 Diperbarui: 13 Agustus 2021   12:37 135 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aplikasi Tour Guide AI (TOURAJA) Mendukung Gagasan Solo Travel dan Touchless Tourism
screenshot-539-6116048c0101906f5c0d2bc2.png

TOURAJA merupakan aplikasi penyedia jasa tour guide berbasis artificial intelligence (AI) yang memberikan kemudahan dan kenyamanaan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi yang ada di Malang dan Madura. Hadirnya aplikasi ini sebagai solusi dalam menjawab tantangan industri pariwisata di tengah pandemic Covid-19 ini. 

Aplikasi TOURAJA dibuat oleh inovator muda yaitu Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang terdiri dari Anita Widyawati, Fina Zakiyatun Nufus, Surrotul Hasanah, Indra Bagus Yudistira, dan Lili Rahmawati membuat sebuah aplikasi pariwisata terobosan baru.

Industri pariwisata sebagai salah satu sektor yang turut terdampak pandemic Covid-19 penurunan kunjungan wisatawan secara signifikan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal, pariwisata dapat menjadi sumber pendapatan daerah yang potensial. Dengan demikian, diperlukan terobosan baru yang dapat mendukung industri pariwisata Indonesia. 

Untuk itu, mahasiswa UM menciptakan aplikasi tour guide AI yang diberinama TOURAJA. Pengguna hanya membayar 50 ribu rupiah, maka akan mendapatkan petunjuk jalan (map) dan detail penjelasan berupa audio dari AI nya terkait destinasi wisata yang bisa diakses dalam bahasa Indonesia dan Inggris. 

Harga tersebut relative terjangkau apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis karena menawarkan pemanduan yang dilengkapi dengan AI artificial intelligence yang dapat berkomunikasi dua arah. TOURAJA juga dilengkapi dengan fitur pemesanan tiket pariwisata dan beberapa fitur lainnya seperti akomodasi dan transportasi. 

Selain itu, aplikasi ini juga dapat diakses baik secara online maupun offline sebagai antisipasi ketika pengguna berkunjung ditempat-tempat wisata yang susah sinyal. 

Aplikasi ini akan terus dikembangkan hingga bisa mengakomodasi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. TOURAJA cukup mudah diaksesnya karena dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. 

Untuk lebih jelasnya, cara kerja dari aplikasi TOURAJA dapat dilihat di akun Youtube "TourAja Official" dan Instagram resmi "@tourajaofficial" TOURAJA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan