Mohon tunggu...
Surikin SPd
Surikin SPd Mohon Tunggu... Guru - Ririn Surikin

Terus Belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Awali Tahun 2022 dengan Latihan Dasar Kepemimpinan

21 Januari 2022   21:38 Diperbarui: 24 Januari 2022   15:33 109 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Surikin, S.Pd

Guru SMA S Plus Taruna Andalan

Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) merupakan organisasi siswa terdepan di sekolah. Melalui organisasi ini siswa diharapkan belajar untuk jadi pemimpin, belajar menjalankan program kegiatan, belajar berinteraksi dengan guru dan teman temannya di sekolah. Dari OSIS diharapkan kegiatan kesiswaan dan sekolah bisa berjalan lancar, efektif dan efisien.

Sebagai seorang pengurus OSIS, siswa harus mengetahui hal-hal apa yang menjadi prioritas dalam kepribadiannya, dalam kepemimpinannya dan dalam organisasinya. Siswa perlu mendapatkan bekal untuk memperbaiki dirinya dalam berorganisasi.  Untuk itu SMAS Plus Taruna Andalan membekali siswa dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Kepala sekolah SMA S Plus Taruna Andalan, Yusli, S.Pd. dalam sambutanannya Beliau berpesan pada anggota OSIS  untuk terus maju dengan organisasi OSIS dan melakukan kegiatan dengan semangat agar bisa belajar maskimal dalam organisasi dan memperoleh hasil terbaik.

Kegiatan dilanjutkan dengan motivasi dari anggota DPRD Kabupaten Pelalawan , Abdullah, S.Pd.  Dalam penyampaiannya motivasinya Abdullah Menyampaikan kunci orang sukses, karakter kepemimpinan dan vidio vidio motivasi yang sangat menggunngah hati. Motivasi . diakhir penyampaian motivasi dilakukan tanya jawab. Seluruh peserta pelatihan bersemangat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berikan. Diiringi dengan komunikasi yang hangat dan penuh semangat Abdullah mengakhiri presentasinya dengan memutar vidio dengan kisah kehidupan seorang anak yang meraih kesuksesn karena kerja keras dan berbakti pada orang tua.

Motivator kedua Drs. Jansen Yudianto . Manager YKCK ini memulai motivasinya dengan gambar kupu-kupu dan menterjemahkan arti dari seekor kupu-kupu. Data-data yang disajikan juga tentang kegagalan  dan cara merubah kegagalan menjadi kesuksesan memotivasi siswa khusyuk menyimak penjelasan ini. Komunikasi berjalan dua arah penjelasan dan pertanyaan dilalui motivator dan peserta dengan semangat.

Tema kepribadian dan karakter digali dalam motivatornya. Action langsung diterapkan. Kejadian sangat haru ketika siswa diminta untuk mengeluarkan uneg-uneg yang selama ini menjadi permasalahan dan menjadi hambatan dalam perkembangannya. Kegiatan yang diwarnai  dengan rasa haru ini menjadi motivasi peserta didik untuk lebih optimis menghadapi kehidupan dan menggapai cita-cita

Selingan ice breaking menjadikan suasana lebih segar. Dengan lagu tek jing trek jing pengusus OSIS dan peserta OSIS melakukan refleksi dan relaxsasi.

Pengenalan OSIS , struktur kepemimpinan, prilaku OSIS menjadi santapan siswa selanjutnya. Kali ini pematerinya Yusli, Kepala Sekolah SMA S Plus Taruna. Banyak pesan yang disampaikan oleh kepala sekolah tentang tupoksi dan tanggungjawab OSIS untuk memajukan sekolah.

Kegiatan berlanjut di hari kedua, diawali dengan dengan kegiatan olahraga dan game yang berhubungan dengan phisik. Kembali suasana keceriaan meliputi diantara peserta dan panitia. Kekompakan dan kebahagian di lalui dalam permainan-permainan yang mereka jalankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan