Mohon tunggu...
Su Rahman
Su Rahman Mohon Tunggu...

Hanya manusia biasa yang sedang mencari jalan untuk pulang

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Holy Man :: Rekayasa Fitnah Berlandaskan Uang

23 Mei 2011   11:44 Diperbarui: 26 Juni 2015   05:19 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ricky Hayman ( Jeff Goldblum ) dan Kate Newell ( Kelly Preston ) berkerja pada sebuah jaringan televisi periklanan yang melakukan penjualan via televisi, sudah semenjak 2 tahun rating penjualan mereka turun terus. Kemudian siboss, John memberikan ultimatum bahwa penjualan harus naik atau Ricky akan kehilangan pekerjaannya.

Di dalam kebingungan mencari ide tersebut Ricky bertemu dengan seorang pria aneh yang menyebut dirinya "G" ( Eddie Murphy ), secara tidak sengaja kemudian “G” terlibat dengan acara di jaringan televisi tersebut, dengan gayanya yang spontan yang berisikan dengan pemahan akan makna kehidupan yang dikemas dengan lelucon yang membuat penonton tertawa dan menikmati tayangan, berbuah pada rating penjualan, bahkan stok-stok lama pun berhasil terjual, sebuah prestasi penjualan yang luar biasa. Meski itu bukanlah tujuan “G”, tujuan “G” adalah mengembalikan keceriaan Ricky Hayman sehingga dapat kembali mencintai Kate Newell.

Namun dalam proses tersebut “G” harus menghabiskan waktu dengan Ricky dan menjalani program televise tersebut, di tengah populeritas “G” tiba-tiba ada seorang ibu yang mengaku telah di lecehkan oleh “G”. Kasus ini kemudian bergulir bak bola salju, “G” sendiri berkali-kali mengatakan bahwa dia tidak pernah melakukan tindak pelecehan tersebut, namun wanita itu tetap ngotot dan berencana membawa kasus ini kepengadilan. “G” pun siap untukmenghadapi proses pengadilan, namun sebelum proses pengadilan berlangsung,wanita tersebut kemudian menarik tuntutan tersebut.

Diperalat Oleh John Pemilik Jaringan Perikalan

Wanita tersebut kemudian mengatakan, bahwa dirinya diminta oleh John dan di janjikan sejumlah uang dalam jumlah yang cukup besar, sebagai seorang janda dengan anak 1 wanita tersebut kemudian tergiur dengan iming-iming John, namun kemudian setelah melihat kembali wajah “G”, dan terkenang semua kebaikan yang “G” pernah berikan dengan tulus ikhlas. Wanita tersebut tidak sampai hati, karena “G” memang tidak pernah melakukan tindak pelecehan tersebut.

“G” memang pernah tinggal kira-kira selama 1 bulan bersama janda 1 anak ini, “G” membantu janda ini untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya, melihat kondisi perekonomian janda ini sudah mulai membaik, “G” pun tiba-tiba saja meninggalkan keduanya untuk melanjutkan perjalannya yaitu mengembalikan kecerian Ricky Hayman, karena menurut “G” apa yang membuat Ricky menutup diri adalah karena keceriannya hilang sehingga ia tidak mampu mempercayai orang lain dan juga tidak percaya diri.

Alasan John Memperalat janda 1 Anak Tersebut

Alasan John memperalat Janda tersebut agar mau membuat tuduhan palsu adalah karena dia mengetahui jika “G” berencana untuk meniggalkan Jaringan, dan hal itu tentu saja akan berdampak pada turunnya rating penjualan dan itu berarti berkurangnya keuntungan. John sebenarnya tidak berniat untuk memenjarakan “G” tuduhan itu di buat agar “G” dapat tunduk kepada dirinya dan tetap berada di dalam jaringan, dia akan menyelesaikan kasus tersebut yang sebenarnya adalah merupakan rekayasa belaka.

Namun beruntunglah Janda 1 anak tersebut, karena mau mendengarkan hati nuraninya sebelum terlambat. Sering kali kita mengetahui suatu persoalan yang tidak benar atau bahkan terlihat di dalam konspirasi fitnah namun tetap diam dan mengabaikan jeritan hati nurani hanya karena mendengarkan bujukan dari kemewahan dan kenyaman sesaat.

Memilih Jalan Yang Mulyakan

“G” telah memilih jalan yang memulyakan dirinya, di dalam pengembaraan panjangnya dia selalu berbagi, terutama adalah berbagi keceriaan, karena menurut “G” hanya itu yang dibutuhkan oleh orang-orang yaitu keceriaan, jika keceriaan dapat kembali dirasakan maka akan banyak persoalaan yang semula terasa berat dapat di selesaikan karena sudah tidaklagi terasa berat.

Namun jalan yang memulyakan itu tidaklah selalu nyaman, karena banyak batu krikil yang menghadang, namun demi tegaknya sang jiwa dan hidupnya hati nurani “G” tetap menjalankan dharmanya. Begitu juga dengan janda 1 anak tersebut, dia tidak berhasil mendapatkan apa-apa dari John, namun dia mendapatkan kebahagian karena telah mendengarkan hati nuraninya.

Refrensi : Holy Man is a 1998 film directed by Stephen Herek. It starred Eddie Murphy, Jeff Goldblum and Kelly Preston.

= = = =

Di Publikasikan di :

http://www.surahman.com/

http://www.oneearthmedia.net/ind

http://www.facebook.com/su.rahman.full

http://www.kompasiana.com/surahman

KONTEN MENARIK LAINNYA
x