Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Manajemen CV. LPI Professional dan Patuh Terhadap SOP PT. STM Dalam Bekerja

4 Mei 2021   19:08 Diperbarui: 5 Mei 2021   14:09 194 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manajemen CV. LPI Professional dan Patuh Terhadap SOP PT. STM Dalam Bekerja
Dok. Squad CV. LPI Dompu-NTB, 


SEBAGAI salah satu perusahaan lokal yang mendapatkan kepercayaan dari PT. Sumbawa Timur Mining  di bidang penyiapan lahan. CV. Land Preparation Indonesia (CV. LPI) hari ini, Selasa tanggal 4 Maret 2021, melakukan kegiatan Trening Of Trainers (TOT) lapangan guna menyiapkan mental dan skill bagi karyawan yang akan terlibat langsung dalam melaksanakan pekerjaan dan peralatan yang akan digunakannya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Lanta, Desa Rasabou, Kecamatan Hu,u Kabupaten Dompu-NTB, tepatnya di kebun milik M. Nasser dan keluarganya. Karyawan CV. LPI Professional dan patuh terhadap Standar Operasional Prosedur PT. STM dalam bekerja.

TOT ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman secara praktis kepada sejumlah karyawan sebelum turun langsung untuk melakukan pekerjaan di dalam lingkup PT. STM nantinya.

Kegiatan TOT diawali dengan penjelasan oleh Penanggungjawab Operasional (PJO) Syarifuddin, SP, kepada karyawan. Ini dimaksudkan agar karyawan memahami langkah-langkah pekerjaan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Penjelasan ini termuat dalam SOP secara tertulis.

"CV. LPI melakukan kegiatan TOT, sekaligus membantu masyarakat dalam mengolah kayu guna memenuhi kebutuhan sandang dan papan" Ujarnya

Kemudian sebelum melakukan proses penebangan, seluruh karyawan dipastikan sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan memahami tupoksi pekerjaan masing-masing.

Dok. CV. LPI (Operator) 
Dok. CV. LPI (Operator) 
Sementara itu, direktur CV. LPI, Sudirman, ST mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang untuk menyiapkan mental, skill bagi seluruh komponen yang terlibat dan peralatan yang akan digunakan nantinya.

"Kegiatan ini juga membantu bapak M. Nasser guna mendapatkan kayu olahan yang menjadi kebutuhan bagi pembangunan rumahnya" Ungkapnya

Pelaksanaan TOT ini disaksikan langsung oleh konsultan management CV. LPI, Jufrin, S.Pd. yang merupakan tim penilai internal perusahaan yang memastikan seluruh tahapan dalam SOP berjalan sebagaimana mestinya.

Dok. Jufrin/Jeff
Dok. Jufrin/Jeff
Diketahui, Jeff begitu dirinya biasa disapa adalah konsultan yang memiliki pengalaman segudang dalam dunia pertambangan. Sebelum menjadi konsultan di CV. LPI, Jeff pernah bekerja pada PT Petrosea Tbk , PT. Darma Henwa di New Mont batu hijau Sumbawa serta pernah menjadi safety Officer di PT STM- Vale melalui PT. Mitra  Paramuda dan terakhir sebagai Manager di perusahan lokal  PT. Pasindo dan  PT. Gutama.

Dalam kesempatan tersebut, Jeff memberikan saran serta masukan  kepada PJO dan karyawan untuk menjaga keselamatan dalam bekerja. Karena menurutnya, dalam bekerja penting mematuhi mekanisme serta tahapan pekerjaan agar terhindar dari kecelakaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN