Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi demi Kemajuan SMK BN

24 Januari 2021   18:44 Diperbarui: 24 Januari 2021   18:51 59 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi demi Kemajuan SMK BN
Dok. SMK BN, Kec. Hu'u, Kabupaten Dompu-NTB, 


"Semua tidak ada yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin" Begitulah ungkapan seorang jenderal Prancis yang tersohor bernama Napoleon Bonaparte. Ungkapan ini lahir dari seorang jenderal yang melalang buana dan sering berada di medan laga. Situasi dan kondisi secara nalar tidak mungkin bisa, menjadi mungkin ketika dilakukan dengan semangat dan optimisme tingkat dewa.

Dalam hidup kita merasa pesimis melakukan sesuatu karena terlalu banyak pertimbangan. Namun terkadang semua yang pernah di pikirkan sebelumnya, kadang tidak pernah terjadi ketika sudah dilakukan. Memang sebelum bertindak diperlukan pertimbangan yang matang, tetapi jika terlalu di timbang-timbang tanpa adanya tindakan, maka jangan pernah bermimpi impian akan segera terwujud.

Dok. SMK BN
Dok. SMK BN
Sebagaimana yang sedang kami usahakan saat ini, Sabtu, 23 Januari 2021 pukul 11.40 Wita. Kami berkumpul di Sekolah Menengah Kejuruan Bangun Negeri (SMK BN) dalam agenda mengenai pengembangan dan kemajuan sekolah. Dalam suasana santai melantai sembari menyeruput kopi hitam ples timbu (nasi ketang), kami berbincang mengenai langkah-langkah kongkrit untuk mewujudkan ide besar tentang kemajuan SMK BN hari ini dan di masa mendatang.

Memang diperlukan semangat yang sama, ide yang sama serta optimis yang sama untuk mewujudkan sesuatu. Kita tidak bisa mengharapkan satu orang yang tiba-tiba menjadi pahlawan untuk menyelesaikan semua masalah yang mendera. Tidak diperlukan orang yang hanya mampu membentangkan sejumlah ide lalu minim implementasi. Juga bukan orang yang hanya pandai beretorika, lalu hilang di telang bumi ketika masalah menghadang.

Dok. Raden't
Dok. Raden't
Tapi, kami yakin dengan berkumpul dan membangun komitmen bersama untuk melakukan sesuatu demi kemajuan sekolah ke depan adalah suatu keniscayaan. Karena bagi kami, tidak ada alasan untuk tidak berbuat, karena apa yang kami upayakan saat ini mungkin belum bisa dinikmati dalam waktu dekat ini. Tetapi jika kami terus menjaga ritme untuk terus bergerak, maka bukan tidak mungkin SMK BN menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Dompu dan mudah-mudahan hingga ke tingkat nasional.

Saat ini kami mengabaikan kelemahan dan kekurangan yang ada, dan fokus pada kelebihan yang tuhan titipkan untuk SMK BN. Tidak cukup alasan bagi kami untuk meratapi nasib, karena itu hanyalah sikap seorang pecundang. Kami punya modal semangat. Modal pemenang. Modal kekompakan dan modal haus akan menjadi pahlawan bagi semesta.
Dok. Raden't
Dok. Raden't
Dok. Raden't
Dok. Raden't
Kami sadar, ada banyak hambatan, tantangan serta duri yang menusuk dalam melangkah menggapai impian bersama ini. Kami tahu di depan sana, ada tanjakan yang kami harus taklukan. Ada batu yang setiap saat menghambat perjalanan. Mungkin ada pula jurang menganga yang mencoba menciutkan nyali kami. Dan saat bergegas pun, kami cukup sadar ada banyak cibiran, ocehan serta nyinyiran yang mencoba mematahkan semangat juang kami membangun SMK BN.

Tapi bagi kami, itu hanya bumbu dalam perjuangan. Sepanjang kekompakan ini terjaga, soliditas kuat, semangat 45 tetap membumbung tinggi. Jangankan Doro Moro Wawo, samudra pun akan kami seberangi, apa lagi teluk Cempi yang hanya sependek pandangan kami kala berdiri tegak di SMK BN.

Dok. Raden't
Dok. Raden't
Dok. Raden't
Dok. Raden't
Juga kami sadar, bukan karena disadarkan. Tapi kami paham tidak cukup dengan modal semangat, diperlukan pula analisis masalah, kejelian bertindak dan memahami medan laga. Sejumlah punggawa SMK BN dengan kualitas yang ada walaupun minim kuantitas bisa menjadi modal berharga dalam menggerakkan kapal yang bernama SMK BN dalam berlayar mengarungi ruang samudra ilmu pengetahuan. Dan suatu saat akan sampai di tepian pengharapan yang selama ini di impikan bersama.

Dok. Raden't
Dok. Raden't
Saat ini kami memang membutuhkan support dan dukungan banyak pihak, termasuk pihak yayasan. Agar semua ide yang dihamparkan selama ini bisa segera diwujudkan. Tidak hanya dukungan moril dan semangat saja, tetapi juga dibutuhkan suplai finansial untuk melicinkan segala proses yang ada di lapangan.

Selain itu, kami terus melangitkan harapan, agar semangat ini tidak kendor apa lagi sampai layu. Karena itu merupakan kekuatan terakhir kami. Dan yang tidak kalah penting adalah semoga tindak-tindakan ini bernilai ibadah di sisi Allah SubhanahuwataAllah

VIDEO PILIHAN