Mohon tunggu...
Surachman jaya
Surachman jaya Mohon Tunggu... Surachman jaya

Surachman jaya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Dari Sekadar Hobi Menjadi Uang Pasca Pandemi

28 Januari 2021   13:19 Diperbarui: 28 Januari 2021   13:21 133 4 0 Mohon Tunggu...

Sudah hampir setahun Pandemi covid 19 masuk ke Indonesia dimana banyak kegiatan dibatasi oleh pemerintah . dimana pendidikan di Indonesia juga terkena dampaknya dimana sekarang proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Ditambah upaya pemerintah dengan melakukan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB). Sehingga banyak para pelajar menghabiskan waktunya Dirumah sehingga banyak dari para pelajar merasa bosan.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengisi waktu luang dengan bertani. "bertani ? Bukanya bertani itu malah menghabiskan banyak waktu Disawah ya ? " Harus digaris bawahi bahwa bertani tidak harus disawah, bertani itu bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun dengan salah satunya menaman tanaman hias.

Menaman tanaman hias tidak perlu membutuhkan lahan luas dan waktu banyak dengan bermodalkan tanah, pupuk, bibit dan polybag atau pot. Kita sudah bisa menanam dan merawat tanaman hias. Dimana hobi ini bisa mengisi waktu luang ternyata tanaman hias kita bisa dijual dan menghasilkan uang bisa sampai jutaan rupiah. 

Dimana belakang ini lagi viral viralnya tanaman hias, Tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii Variegata  merupakan tanaman hias yang unik karena daunnya terdapat berlubang lubang. Tanaman hias ini lagi naik daun saat ini satu pohon nya bisa seharga sampai 40 juta. Cara merawat dan memperbanyak tanaman juga mudah dimana banyak tutorial yang tersediah di internet . namun kalian harus dapat membedakan mana tanaman janda bolong yang mahal dan murah.

 Selain tanaman janda bolong masih banyak lagi tanaman yang naik daun sehingga banyaknya masyarakat memburu tanaman hias untuk dijadikan hiasan atau dijual kembali. Apakah benar tanam hias benar benar menghasilkan uang ? Benar salah satunya adalah keberhasilan dari dua remaja.

 Mereka adalah Wanda Saputra (15), siswa SMP Negeri Prigen dan Ferdiansyah (16), yang putus sekolah dari SMK swasta di Pandaan. Tanaman genus philodendron milik mereka pun cukup beragam. Mulai dari spesies Mostera Variegata seharga Rp 3 juta, Flomani berharga Rp 2,5 Juta, Black Cardinal dengan harga Rp 1,5 juta, Jose Buono dan Paraiso Verde di kisaran Rp 700 ribu, White Knight seharga Rp 1,5 juta dan Pink Princess dengan harga Rp 2,5 juta. 

Ia menyebut, selama libur sekolah akibat pandemi Covid-19, dirinya mampu menabung Rp 6 juta secara mandiri dari hasil penjualan tanaman hias itu. Satu pot menghasilkan keuntungan 200 ribu jatimnow.com (2021)

Sangat menjanjikan bukan. Gimana mau mencoba ? Untuk mencoba nya kita tidak perlu dulu membeli bibit tanaman hias yang mahal tapi cukup dengan bibit yang murah kita berikan sentuhan kreaktif dan inovatif maka harga jualnya pun juga ikut naik. Berikut mimin akan memberikan satu cara membuat tanaman hias murah menjadi bernilai

https://regional.kompas.com/image/2020/11/05/15170611/kisah-anak-buruh-raup-untung-jutaan-rupiah-dari-kokedama-modalnya-serabut?page=1
https://regional.kompas.com/image/2020/11/05/15170611/kisah-anak-buruh-raup-untung-jutaan-rupiah-dari-kokedama-modalnya-serabut?page=1

Langkah pertama . Memilih bibit kita harus tau nama tanaman apa yang akan kita pilih lalu lihat kondisi tanamana Carilah tanaman dengan motif berbeda atau unik dari tanaman yang lain. Lalu tanam tanaman di pot setelah itu beri hiasan pada pot agar menambah daya tarik pembeli dengan memberikan hiasaan berupa batu batu yang di cat dll. Namun ada cara lain lagi yaitu kita membuat nya menjadi bentuk kokedama dimana tanaman ini menambah aksen yang cocok untuk penambah keindahan. Namun kelemahannya kokedama adalah tidak semua tanaman bisa dibuat dengan kokedama. Langkah terakhir adalah dengan menjual tanaman kemedia sosial dan internet seperti Shopee,Buka lapak dan masih banyak lagi.

semoga dengan artikel ini bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua yang terpenting dalam berusaha adalah selalu berinovasi dan kreatif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x