Mohon tunggu...
Supriati
Supriati Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

Hadapi, Jalani, dan Syukuri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pesan untuk Pelajar SMA Tingkat Akhir

13 Maret 2022   00:18 Diperbarui: 13 Maret 2022   07:26 121 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pelajar SMA tingkat akhir yang sebentar lagi akan lulus, tentu sudah memikirkan akan kemana dan bagaimana nantinya. Apakah akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau bekerja, nah sudah mulai bingung kan?. Tidak hanya sampai disitu, kebingungan itu pun masih akan berlanjut setelah kalian menentukan pilihan akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Ya, Apalagi kalau bukan bingung untuk menentukan jurusan kuliah, bener gak?.

Saya bisa bilang begitu karena pernah mengalaminya saat menjadi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat akhir. Rasanya kepala cenat-cenut memikirkan bagaimana nanti dan apa langkah selanjutnya yang harus diambil setelah lulus sekolah. Setelah cukup lama berpikir, saya memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau kuliah. Setelah memutuskan untuk kuliah, saya kembali bingung memilih jurusan kuliah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memilih jurusan kuliah itu gampang-gampang susah. Gampang kalau kalian sudah tahu minat dan bakat kalian apa plus ada persiapan dana, wah mantap kalo kaya gini. Sebaliknya, susah kalau kalian tidak tahu minat dan bakat kalian apa plus tidak punya biaya, yah inimah seperti yang saya alami. Sudah bingung memilih jurusan tidak punya uang, hadeh nambah ajakan beban dikepala. Tapi alhamdulilah sudah teratasi dengan adanya beasiswa dari pemerintah hehe.

Ngomongin soal jurusan kuliah, saya sebagai mahasiswa tingkat akhir yang sudah lumayan cukup lama merasakan dunia perkuliahan ingin berpesan kepada adik-adik kelas dua belas SMA. Pesannya adalah jangan sampai kalian salah mengambil jurusan. Percayalah adik-adik, salah mengambil jurusan akan membuat susah diri sendiri.

Saya tahu dan paham betul saat teman-teman dikelas ribut untuk daftar SNMPTN dan UTBK, kalian juga pengen ikutan kan?. Bahkan berdasarkan pengalaman saya, ada merasa panik dan akhirnya ikut daftar dan asal saja dalam memilih jurusan. Nah, hal inilah yang harus kalian hindari. Usahakan tetap tenang dan berpikir dengan jernih, sebelum memilih jurusan kuliah. Karena jika salah jurusan akan fatal nantinya dan ingat ini berhubungan dengan masa depan, jadi jangan main-main.

Sebelum menentukan jurusan kuliah, terlebih dahulu kalian harus tahu minat dan bakat kalian apa. Coba konsultasikan dengan guru bimbingan konseling yang ada di sekolah atau bisa juga berdiskusi dengan wali kelas.

Selain itu yang dapat kalian lakukan adalah dengan cara berdiskusi dengan orang yang pernah atau sedang kuliah. Seenggaknya mereka pernah mengalami rasanya kuliah dan bisa memberi masukan dan saran kepada kalian.

Sekali lagi tolong jangan panik dan tetap tenang ya, biarkan saja teman-temanmu dikelas ribut mendaftar sana-sini. Satu hal lagi yang perlu saya sampaikan dan ini juga cukup penting. Biasanya jika mendekati kelulusan, akan ada kakak tingkat kalian yang sedang berkuliah hadir ke sekolah dan bersosialisasi tentang dunia kampus. Mereka akan berbicara dari a sampai z tentang dunia kampus yang akan membuat kalian semakin penasaran dan ingin berkuliah. Sehingga akhirnya kalian asal memilih jurusan yang penting bisa melanjutkan kuliah.

Adik-adik SMA tingkat akhir usakan tetap tenang dan berpikirlah dengan jernih ketika akan memilih jurusan kuliah. Coba praktikan apa yang saya sampaikan, jangan terpropokasi dengan omongan orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan